Keikutsertaanku di Google Adsense memang terbilang sudah cukup usur. Aku gabung Adsense sekitar pertengahan tahun 2003. Kalau tidak salah ini awal berdirinya Google Adsense. Namun demikian penghasilanku masih jauh dari lumayan. Dulu selama 2 tahun hanya dapat kiriman uang 3 kali. Itupun yang pertama dikasih bonus oleh Google sebab di akhir tahun 2004 mereka akan mengirimkan uang pembayaran ke semua anggota meskipun uangnya tidak lebih dari $ 100, sebagai batas minimal pengiriman uang.

Setelah itu pendapatan $ 0 tiap hari sudah tidak dapat dihitung dengan jari, alias selalu ada. Kurangnya tekad untuk mengembangkan web menjadi salah satu penyebabnya, walaupun sebenarnya aku bisa mendapatkan akses internet gratis. Tapi ya itu males…

Sampai akhirnya pada akhir tahun 2006 aku coba untuk merangkak dari bawah lagi. Tidak masalah bagiku, daripada menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Waktu itu aku awali dengan membuat blog di Blogspot tentang Adsense. Kenapa aku pilih Blogspot karena blog ini telah dibeli oleh Google dan menyediakan fasilitas Adsense di blognya. Alasan lainnya memilih blog karena gratis. Aku masih enggan menggeluarkan uang untuk membeli domain dan hosting, walupun sebenarnya membuat website sendiri bukan hal sukar bagiku. Bukan nyombong lho hehe. Aku justru pengen membuktikan bahwa dengan blog gratisan aku bisa menghasilkan banyak uang dari Adsense.

Sedangkan artikelnya aku ambil dari situs lain. Sebenarnya hal ini tidak disarankan oleh para master Adsense, tapi mau bagaimana lagi Aku gak begitu bagus dalam berbahasa Inggris jadi agak kesulitan untuk menulis artikel sendiri. Sambil jalan aku berusaha untuk menulis artikel sendiri walau tata bahasanya belepotan hehe.

Setelah aku jejali beberapa artikel dan kupromosikan sana sini, akhirnya blog tersebut kupasangi script Adsense. Tapi tidak berhenti sampai di situ aku masih buat dua blog lagi dan terus promosikan blog-blog tersebut untuk dapat menarik banyak pengunjung.

Beberapa minggu kemudian mulailah menunjukkan hasil, walau kalau di rata-rata belum sampai $ 1 perhari tapi bagiku sudah menunjukkan kemajuan, dan beberapa bulan kemudian aku mendapatkan selember cek dari Google. Hore…

Tapi lagi-lagi semangatku padam dan membiarkan blog-blog tersebut terbengkalai. Hanya di-update bila ada perlu saja. Untunglah aku segera tersadar, kok puitis banget yo hehe. Segera aku benahi blog-blog tersebut dan mulai terbesit ide untuk membentuk blog baru. Ke depannya aku mau merapikan jadwal kerjaku bersama dengan Adsense agar bisa lebih fokus sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal.

Dari belajar sana sini ada beberapa poin penting yang ingin kubagikan berkaitan dengan mencari uang melalui Adsense.

  1. Tidak ada yang instan, uang dari Adsense tidak bisa begitu saja datang harus ada kerja keras.
  2. Jangan membeli buku yang isinya cara untuk meraih uang melalui Adsense dengan cepat. Utamakan kerja keras dengan benar.
  3. Bergabung dengan forum Adsense, dapat menambah wawasan kamu tentang Adsense.
  4. Perlakukan Adsense seperti halnya kerja kamu, tentukan rencana dan target yang ingin diraih.

Akhirnya yang paling penting ialah niat, usaha, dan doa. Semoga kamu lebih berhasil dariku sehingga aku termotivasi dengan keberhasilanmu hehe.

 

7 Responses to Bagi Pengalaman seputar Adsense

  1. made says:

    berapa pendapatan hari ini boss………

  2. hardono says:

    Lumayan untuk hari ini walaupun belum sesuai target hehe

  3. ORI Network says:

    wah bos saya baru $0.67 satu minggu, lelet banget, soalnya blog ku nggak ada yang buka…..

  4. trisno says:

    Terimakasih mas untuk infonya

  5. hardono says:

    Gak masalah, dulu aku juga dikit kok, keep promote and posting

  6. ganjar says:

    boz… saya mah malah susah dapet 0,1 dollar aja…hiks…hiks…

  7. Dee-nesia says:

    hiks-hiks, sudah dua tahun, saya masih dapet $42 thok, sauwene nyari duit …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>