Rabu, 12 Desember 2007 kemarin aku membuat sebuah blog baru. Berhubung bahan sudah ada langsung saja blog tersebut aku penuhi dengan bahan-bahan tersebut. Ritual berikutnya yang menjadi kebiasaanku ialah menambahkan blog tersebut ke Google Webmaster Tool. Setelah itu didaftarkan (di submit) ke Google itu sendiri agar muncul saat dicari melalui Google.

Pengalamanku yang sudah-sudah menunjukkan submit ke Google itu gak mudah. Kadang nunggu seminggu kadang berminggu-minggu. Nah, hari ini (Kamis, 13 Desember 2007) iseng-iseng aku cari blog tersebut di Google. Eh…. ketemu. Aku sampai heran plus girang banget. Hanya dalam waktu sehari blogku telah keindex oleh Google.

Supaya situs bisa cepat terindex oleh Google

Dugaanku supaya situs bisa cepat terindex oleh Google ialah:
1. Submit situs ke Google
2. Submit situs ke Google Webmaster Tool

Untuk memasukkan ke Google Webmaster Tool memang tidak hanya memasukkan begitu saja. Kita juga perlu verifikasi untuk menunjukkan kita pemilik/pengelola situs tersebut. Bagian ini dapat kamu temukan setelah memasukkan sebuah situs.

Google Webmaster Tool menyediakan dua cara verifikasi.
1. Upload file dengan nama tertentu
2. Pasang meta

Gunakan salah satu dari dua pilihan tersebut, sesuaikan dengan situs yang kamu kelola. Bila kamu mempunyai akses ke hosting situs, bisa menggunakan metode upload file. Namun, bila hanya dapat mengedit template (seperti blogspot atau wordpress), gunakan saja metode pasang meta.

Setelah selesai, klik tombol Verify.

Fasilitas yang saya senangi dari Google Webmaster Tool ialah kemampuan menyajikan informasi pencarian mengenai situs yang saya masukkan dari Google. Seperti peringkat untuk pencarian kata ini, di klik dari pencarian kata itu, dll

Selamat mencoba bila ingin mengikuti :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>