Sudah menjadi rahasia umum kalau menginstall PHP (digabungkan dengan Apache dan MySQL) pada sistem operasi Windows memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Aku sendiri sampai sekarang belum pernah mencoba untuk menggabungkan ketiga komponen tersebut secara manual sampai ke hal yang rumit. Installnya sih pernah tetapi membuat mereka saling bersaudara itu yang belum. Lalu bagaimana? Jangan kuatir ada terdapat begitu banyak aplikasi siap pakai yang menyediakan server Apache, PHP, dan MySQL dengan beberapa kali klik.

Maksudnya dengan menginstall aplikasi ini Anda sudah dapat memiliki ketiga komponen penting diatas dalam komputer Windows Anda. Mudah bukan? Jelas mudah, saking mudahnya, program itulah yang terus aku pakai sampai saat ini. Lumayan mengurangi waktu untuk berpusing-pusing menset ketiga komponen tersebut agar mau jalan.

Beberapa program yang pernah aku gunakan.

  1. Xampp
    Program yang aku gunakan saat ini. Ukurannya lebih kecil dibandingkan apache2triad tapi program ini selalu di-update. Ini yang aku suka hehe. Selain untuk windows tersedia juga versi untuk Linux
  2. Apache2Triad
    Ukuran programnya tergolong gedhe sekali namun komplit. Selain Apache, PHP, dan MySQL, tersedia juga phyton, phpmyadmin dan beberapa program lainnya. Sayangnya program ini sudah tidak pernah di-update lagi. Setidaknya sampai tulisan ini dibuat.
  3. PHPTriad
    Program aplikasi Apache PHP MySQL paling juadul, ukurannyapun sangat kecil bila dibandingkan program sejenisnya. Tentu saja kecil, soalnya cuma berisi server Apache, PHP, MySQL, itupun versi lama. Kalau tidak salah terdapat juga tambahan aplikasi phpMyAdmin. Ini merupakan program yang pertama kali aku pakai namun sekarang sudah tidak kupakai lagi. Alasannya karena program ini sudah tidak pernah diupdate lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi. Yang lainnya nyusul deh!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>