Dalam postingan sebelumnya saya mengajak pembaca untuk mengisi blog dengan tulisan sendiri dan tips sederhana untuk melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Nah, masalah berikut yang muncul biasanya berkaitan dengan bagaimana memperoleh ide. Udah keras keringat selama satu jam penuh tapi ide kok gak datang-datang ya? Udah pergi ke tempat sunyi bahkan kuburan sekalipun tapi ide gak muncul. Yang muncul justru hal yang lain hiiii…

Sebenarnya ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Sebuah ide bisa tiba-tiba muncul saat kita sedang makan, bekerja, jalan-jalan, atau bahkan pas kita sedang di kamar mandi. Sebaiknya ide yang muncul tersebut langsung dicatat sehingga ketika kita punya waktu untuk menulis kita sudah punya bank ide yang siap dikembangkan.

Daripada menunggu datangnya ide yang kita tidak tahu kapan lebih baik ide tersebut kita panggil saja supaya datang sendiri. Tapi memanggilnya gak sembarangan harus pakai trik tertentu.

Trik sederhana tersebut disebut dengan pemetaan topik

Lebih jelasnya begini, anggap saja kamu sudah punya blog dengan topik tertentu, nah coba tulis topik blog kamu disebuah kertas dan posisikan ditengah. Kalau perlu dilingkari biar jelas. Terus kembangkan topik tersebut menjadi topik yang lain yang berkaitan dengan topik utama dan kasih tanda panah ke topik utama tersebut. Buatlah hal ini dengan cepat dan jangan terlalu banyak berpikir. Kalau dirasa sudah cukup kembangkan lagi sub topik tadi ke dalam sub sub topik yang lain. Ingat tulis dengan cepat dan jangan berpikir ini seharusnya di sini atau di situ.

Untuk membantu pengembangan bisa diajukan pertanyaan apa yang ingin orang tahu dengan topik ini.

Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini

Nah, kalau sudah dari sub-sub topik yang kamu buat tapi dibisa diangkat sebagai ide tulisan. Mudah kan? Kelihatannya sih mudah tapi awalnya memang perlu kerja keras. Tapi gak masalah segala sesuatu kan perlu usaha.

Selamat mencoba

 

3 Responses to Bagaimana Mendapatkan Ide Menulis?

  1. edii says:

    thanX banyak bro

  2. Thanks for great article :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>