Di Alkitab memang tidak ada perintah yang langsung mengatakan bahwa kamu harus pergi beribadah ke gereja pada hari minggu. Acuan yang dipakai biasanya berlandaskan perintah keempat yaitu Ingatlah dan kuduskan hari Sabat (Keluaran 20:15) Walaupun Sabat dalam kalender Masehi ialah hari sabtu namun hampir sebagian besar orang Kristen menganggap hari kudus itu telah berganti menjadi hari minggu sejak kebangkitan Kristus yang jatuh di hari minggu. Dengan demikian sekarang kita tidak lagi mengkuduskan hari sabtu melainkan hari minggu.

Namun, pernyataan seperti itu tetap saja diabaikan. Banyak alasan kenapa orang memandang beribadah di gereja bukanlah hal penting yang harus diprioritaskan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Yesus sendiri tidak pernah meminta murid-murid-Nya untuk mengkuduskan hari kebangkitannya dengan beribah.
  • Sabat tetaplah sabtu dan bukan minggu.
  • Lebih baik mempraktekkan ajaran Kristus di antara warga non Kristen daripada duduk-duduk dengan sesama orang Kristen.
  • Saya ketua RT dan biasanya hari minggu banyak kegiatan RT jadi tidak ada waktu ke gereja
  • Pendeta di gereja orangnya munafik untuk apa didengarkan kotbahnya
  • dan berbagai alasan lainnya…

Beribadah di gereja pada hari minggu seharusnya bukan hanya di dasarkan pada ada atau tidaknya perintah Tuhan secara langsung melainkan lebih ke alasan membangun hubungan dengan Tuhan dan sesama. Lebih konkretnya hal ini merupakan bentuk ibadah kepada Tuhan secara bersama-sama.

Selama 6 hari kita bekerja dan tentu saja melakukan ibadah pribadi atau bersama keluarga. Oleh karena itu selama satu hari sebaiknya kita meluangkan waktu untuk ibadah bersama-sama dengan sesama kita memuliakan Tuhan.

Yang harus dilakukan tentu saja bukan terbatas pada pujian, persembahan, dan mendengarkan firman Tuhan tetapi juga harus menjalin interaksi dengan sesama. Bersalaman dengan tersenyum, meminjamkan buku pujian bagi yang tidak membawa, atau bergeser tempat duduknya agar orang lain dapat duduk merupakan contoh sederhana menjalin interaksi dengan sesama.

Mana yang Didahulukan
Masalahnya sekarang bagaimana bila ada kegiatan lain yang terjadi di hari Minggu atau bahkan bertepatan dengan jam pelaksanaan ibadah?

Sebelum memutuskan tentu saja harus dilihat dulu mana yang sifatnya lebih penting. Lebih penting mana menjaga orang tua yang sedang terbaring di rumah sakit atau meninggalkannya sendirian tanpa ada yang menjaga sementara kita tetap ke gereja? Padahal ibadah di gereja waktunya bervariasi. Lebih penting mana kerja bakti RT atau ibadah ke gereja sebentar dan setelah itu ikut kerja bakti?

Ikut kebaktian di gereja pada hari minggu memang penting sebagai bentuk interaksi dengan sesama untuk memuliakan nama Tuhan. Namun, jika ada yang lain yang harus dikerjakan sebaiknya kita pikirkan mana yang harus diprioritaskan. Jangan sampai ibadah ke gereja hanya kita jadikan sebagai alasan untuk tidak peduli terhadap sesama.

 

20 Responses to Haruskah Beribadah di Gereja setiap Hari Minggu?

  1. syahadah says:

    saya yakin anda tidak pernah membaca al-qur’an, kitab suci ummat islam, dan pasti tidak berani karena selama ini gereja mendoktrin anda untuk tidak membacanya. padahal iman yang sebenarnya adalah, iman yang diperoleh dengan jalan merdeka, untuk menemukan kebenaran. betapa banyak orang telah merasa sampai kepada kebenaran sesungguhnya, padahal ia hanya beriman karena dipahsa, dicekoki, didoktrin. ketahuilah, kebenaran itu dapat diraih dengan keberanian untuk membandingkan sesuatu yang kita yakini dengan apa yang diyakini orang lain.

  2. Pongky says:

    waduh mbak/mas nih, gak usah segitunya sewot kaleee. kalo emang iman kita beda ya jangan dipaksa (kata orang tua toh kalo dipaksa pasti sakit bener gak???)

  3. hardono says:

    Saya beriman bukan karena dipaksa kok. Saya beriman karena saya yakin itu benar hehe.

  4. Latuminggi says:

    hmmm…. oke lanjutkan bro..
    salam kenal… :D

  5. tyo says:

    mampir baca – baca

  6. Yasinta says:

    Aku setuju dengan bapak Hardono,yah aku juga sering mengajak temanku untuk kegereja pada hari minggu dan jawabannya, untuk apa kegereja terus, yah penting masih ada iman,emangnya ada perbedaan kalau kita sembayang digereja dan di rumah, katanya.

  7. exelinca says:

    Alkitab mengatakan “bawalah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup”. Itu berarti kita harus mewujudkannya dengan cara ke gereja.

  8. bayu says:

    Jadi ingat ketika masih SMP, pelajaran agama, disebutkan bahwa GEREJA bukan saja dalam arti gedung ataupun secara fisik. Dua orang atau lebih yang berkumpul, menyembah dan berbakhti (beribadah) itu adalah berGereja….

    Jawaban dari pertanyaan Haruskah Beribadah di Gereja setiap Hari Minggu? itu sangat bergantung pada iman seseorang terhadap Tuhan.

  9. bayu says:

    @syahadah…

    Apakah bener anda sudah membaca Injil >???
    Apa yang anda temukan didalamnya ?

    Anda akan menemukan banyak sekali pertentangan. Ya kan ?
    Pasti iya, karena anda menutup mata hati untuk menemukan kebenaran dalam Injil….

    Pertanyaan sederhana…
    Apakah isa dalam alquran = Yesus dalam Injil ??????

  10. Orica says:

    Saya setuju dengan pendapat anda tentang ketergantungan terhadap iman. Itu tergantung seberapa besar iman seseorang.

  11. muallaf says:

    Tolong renungkan kembali
    Melakukan ritual ibadah wajib secara terus menerus tanpa dalil atau perintah dari Allah, merupakan ibadah yang sia-sia. Padahal apa yang dilakukan itu akan diminta pertanggung jawaban dihadap Allah. Oleh sebab itu wajarlah jika kita tinjau kembali, apakah yang kita lakukan selama ini benar-benar punya dalil atau dasar yang kuat dari kitab suci kita, ataukah itu hanya berasal dari perintah manusia biasa atau pendapat para pemimpin agamanya, kemudian mewajibkan para pengikutnya untuk melakukannya.
    Sungguh ironis sekali, ternyata perintah Allah untuk menjaga, memelihara dan mengkuduskan hari Sabat, ternyata dilanggar dan juga tidak dipatuhi lagi oleh hampir semua umat Kristiani di dunia, kecuali sebagian kecil sekte Advent.
    Padahal kalau kita baca dalam Alkitab, ternyata ada ancaman yang sungguh mengerikan, yaitu ancaman hukuman mati bagi mereka yang tidak memelihara dan yang melanggar kekudusan hari Sabat. Coba kita simak ancaman Allah bagi yang tidak memelihara dan mengkususkan hari Sabat.

    “Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan kamu. Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.” (Ke131:12-14)
    Yang lebih menarik lagi yaitu, ternyata Yesus seumur hidupnya tidak pernah mengkuduskan hari Minggu. Seumur hidupnya Yesus selalu mengkuduskan hari Sabat dan setiap mengajar selalu pada hari Sabat. Yesus tidak pernah satu kalipun menganjurkan untuk beribadah atau mengkuduskan hari Minggu.

  12. baru belajar says:

    Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat (Sabtu) la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

    Markus 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.

    Markus 6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang ‘ besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?

    Lukas 4:16 Ia (Yesus) datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan­Nya pada hari Sabat la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Al kitab.

    Lukas 4:31 Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.

    Lukas 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.

    Lukas 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.

  13. baru belajar says:

    Pada hari Minggu ku turut ayah ke kota..
    Naik delman istimewa ku duduk di muka pak kusir yg sedang bekerja…..(sukurin lu sir!!)

  14. me.wel says:

    terima kasih atas nasihat muallaf,saya seorang pengikut tuhan yesus juga dan saya tidak pernah membandingkan hari sabat itu sama ada hari ahad atau sabatu sebap semua gerja saya pernah datang,bahkn hari sabtu mahupun ahad..

    satu pemeriksaan terhadap perjanjian baru memperlihatkan kepada kita 4 perkara penting, yang pertama yesus memperlihatkan diri dalam tubuh kebangkitan-nya di sebut,hari itu sentiasa jatuh pada hari yang pertama dalam minggu itu (matius 28:1,9 dn 10.markus 16:9,lukas 24:1,13,15dan yohenis 20:19,26} satu-satunya sabat di sebut dalam kitab kisah para rasul sehingga kitab wahyu adalah dengan tujuan penginjilan kepada orang-orang yahudi di dalam lokasi yang biasa iaitu sembhayang orang yahudi (kisah 13-18).PAULUS MENULIS, demikianlah bagi orang yahudi aku menjadi seperti orang yahudi,supaya aku memenangkan orang-orang yahudi.1 korintus 9:20. paulus tidak pergi ke rumah sembhayang orang yahudi untuk bersekutu dam membangun orang-orang kudus,tetapi untuk menginsaf dan menyelamatkan mereka yang hilang.selapas paulus berkata"mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain "(kisah 18:6)hari sabat tidak lagi pernah disebut.(kolose 2:14)

    perkara ini di ulang berkali-kali dalam perjanjian baru: yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting daripada hari yang lain,tetapi yang lain menganggap semua hari sama sahaja. hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.siapa yang berpegangan pada suatu hari yang tertentu bgitu jga utuk hari-hari lain, ia melakukan untuk TUHAN.(ROMA 14:5-6)tetapi sekarang sudah kamu mengenali allah ,atau kamu sudah dikenal allah, bagaimanakah kamu berbaik lagi kepada roh-roh dunia dunia yang lemah dan miskin dan mahu mulai memperhambakan diri lagi kepadanya.kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu,bulan,masa-masa,yang tetap dan tahun-tahun.(galatia 4:9-10)

    hari sabat telah diberikan kepada orang-orang israil,bukan kepada gereja.hari sabat msai sabtu ,bukan ahad dan tidak pernah di ubah.tetapi sabat adalah sebahagian daripada hukum taurat dan orang-orang kristian telah dibebaskan daripada ikatan hukum taurat.memelihara hari sabat tidak dituntut daripada orang-orang kristian-baik itu sabtu atau hari ahad.hari pertama pada setiap minggu mhupun ahad juga hari tuhan.(wahyu 1:10) MERAYAKAN CIPTAAN BARU,DENGAN KRISTUS SEBAGAI KEPALA KITA YANG TELAH BANGKIT.kita tidak terikat untuk mengikuti sabat musa yang bersifat rehat,tetapi kita sudah dibebaskan untuk mengikut kristus yang telah bangkit untuk melayani.rasul paulus perkata setiap orang kristian perlu memilih samada hendak memelihara sabat " YANG SEORANG MENGANGGAP HARI YANG SATU LEBIH PENTING DARIPADA HARI YANG LAIN,TETAPI YANG LAIN MENGANGGAP SEMUA HARI SAMA SAHAJA"(ROMA 14:5) ingat saudara kita menyembah tuhan bukan hari sabtu dan ahad sahaja..bahkan kita menyembah setiap hari,masa,bulan dan sbgnya adalah juga untuk tuhan..

    ingat saudara,kita hidup di bumi bukan sekadar memelihara sabat sahaja, namun lebih kepada ibadah, memuji, menyembah, dan memuliakan Tuhan bersama-sama umat umat-umat yang percaya.
    saya percaya bahawa tuhan mahukan kita sentiasa setia kepada nya bukanya setia pada hari sabatu dan ahad shaja.setiap hari,waktu,masa.bulan dan tahun juga hari untuk tuhan.

    * umat yang b"smbhyang pada hari ahad adalah juga rencana tuhan sendari.orang yang sembhyang ahad juga di sertai oleh tuhan sehingga ada orang yang di utus untuk mendapat rokudus untuk menyembuhkan orang samaada sakit,sedih,dan sebagainya..contoh nya benny hinn( untuk mklumat sila buka youtube benny hinn.)anda akan sedar bertapanya dasyatnya rokudus tuhan berkeja terhdapnya.bgitu juga dengan yang lain yg b'smbhyg pada hari sbtu juga diberikan anugeah oleh tuhan.

  15. me.wel says:

    shallom salam damai dalam nama yesus kristus.saya daripada aliran gereja englikn,
    ada hal yang saya mahu katakan kepada saudara, umat kristian hari ini seling bergaduhhan antara satu dengan yang lain. ( mereka bergaduh sesama sendiri, ada kadang kala gereja di antara gereja yang yang saling bergaduh. Apa ini yang tuhan mahukan? ada tertulis dalam kitab( 1 korintus 1 ayat 10) tetapi aku nenasihatkan kamu, saudara-saudaraku, demi nama tuhan kita yesus kristus , supaya kamu seia sekata dengan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.
    kenapa ayat ini sering kali dilangar oleh umat-umat kristian?sebenarnya tuhan mahukan kita sentiasa bersatu tanpa mempersoalkan apa-apa dalam alkitab tanpa mengira dinomanasi/ aliran mana-manapun.bagai mana kita ingin menang kalau kalau kita sesama seling bergaduhan. UNTUK PENGETAHUAN IBLIS SEKARANG SEDANG MENGAMBIL KESAMPATAN ATAS PERGADUHAN INI.
    banyak jemaat yang telah meninglkan yesus untuk beralih ke agama lain dan pasti masalah ini akan berterusan jika umat-umat kristian di dunia tidak bersatu hati.Baru-baru ini pengunaan nama allah di haramkan juga tidak dapat di atasi oleh umat kristian..apa ini yang tuhan mahukan??? kita sering kali mendoakan perkara sedemakin tetapi bagai mana dengan tindakan kita?? tuhan mahu dengan adanya usaha kita dan doa kita baru dapat di genapi dengan sempurna..( tiba masanya kita bersatu sama-sama) .. seperti daud dan denil dalam kitab mereka seling bersatu untuk menantang musuh tanpa mengira bangsa. Ini yang tuhan ingin kan bukan sekadar kita mengharapkan doa tanpa usaha.

    Jangan la kita memandang denomanasi / atau aliran gereja mana-manapun untuk sering kali bergaduhan menganai sabat dan apa-apa pun. ( UNTUK PERINGATAN ANDA GEREJA SEBAGI KUNCI KESETIAAN BUKAN UNTUK MENYELAMATKAN TETAPI YANG MENYELAMATKAN KITA ADALAH TUHAN YESUS KRISTUS SENDIRI.

    jadi marila kita sama-sama bangun dan bersatu serta buat kometman dengan tuhan.
    .. untuk pengetahuan anda saya beribadah tidak mengira aliran, kadang-kadang saya beribadah di sib, englikn, ketolik, yesus benar dan banyak lagi yang saya pernah pergi, kerana apa? sebab saya mahu kometmen dengan tuhan dan terus setia kepadanya dan semua gerja yang pernah saya sembhayang banyak muksizat saya dapat di samping roh kudus dalam hidup saya semakin bertumbuh di hadapan tuhan.setakat ini saya melayani tuhan yesus kristus di englikn selama beberapa tahun dan bila saya melanjutkan pengajian saya di peringkat universty tuhan terus memakai saya melayani di sib aliran yang lain sehingga sekarang..

  16. Leon Hard says:

    ?????????

  17. hei says:

    setahu sy, hari ahad ialah hari Tuhan beristirehat. pernah anda dengar bagaimana tuhan mencipta langit dan bumi. hari ahad itu hari dia berehat, maka semua org di dunia ini berehat pada hari tersebut

  18. iko says:

    mampir2 aja ni

  19. Perlu ditekankan,,,
    Agama tidak pernah menyelamatkan,,
    Jadi untuk apa berdebat tentang ibadah hari minggu atau hari yang lain,,,
    yang perlu diketahui yang meyelamatkan itu hanya iman kita kepada Tuhan Yesus…
    Karena Yesuslah jalan dan kebenaran dan hidup…

    Hidup kekal adalah Anugrah Allah (baca:Roma 6:23b)
    Tetapi manusia tidak dapat memperolehnya, karena manusia berdosa..
    Allah adalah kasih (baca: Yeremia 31:3) sekaligus adil (baca: Keluaran 34:7b),,,
    Allah adalah Kasih, jadi Allah tidak ingin menghukum manusia,
    tetapi Allah juga adil,, jadi harus menghukum manusia yang berdosa,,”Sebab upah dosa adalah maut”(Roma 6:23a)
    nah..
    untuk mempersatukan KASIH dan KEADILANNYA,,
    maka Allah sendirilah yang harus mengorbankan diri-Nya sendiri menjadi manusia dalam Yesus Kristus..
    Yesus telah mati di kayu salib, dan sebelum mati dia berkata: “Sudah Selesai”
    yang artinya: proses penebusan dosa yang dilakukan-Nya telas selesai, SEKALI untuk SELAMA-LAMANYA..
    kemudian pada hari yang ketiga (Minggu), bangkit pula dari antara orang mati, kemudian naik ke sorga..
    dan dari Sorga Dia menawarkan Hidup yang kekal itu bagi kita..
    Tergantung pada manusia sekarang,, mau menerimanya atau tidak…

    Perlu ditekankan lagi,, Hidup Kekal adalah anugrah,,(baca:Roma 3:23b)
    dan hidup kekal tidak dapat diperoleh dengan usaha atau dengan upah… (baca:Efesus 2:8-9)
    Jadi, perbuatan2 baik kita tidak akan pernah menyelamatkan kita..
    Karena Allah adalah sempurna,, dan manusia tidak ada yang sempurna…
    Jadi hanya dalam Allah lah,, yang menjadi Yesus Kristus terdapat keselamatan…
    Yaitu percaya dengan iman dan mengandalkan DIA..
    ini bukan kata2 saya, tetapi merupakan firman Tuhan dalam (Yohanes 6:47)”Aku berkata kepada-Mu: sesungguhnya barang siapa percaya, ia memiliki hidup kekal)
    (baca juga Yohanes 10:28)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>