Miris juga melihat berbagai demo menentang agresi Israel terhadap Palestina yang terjadi akhir-akhir ini. Bagaimana tidak miris karena beberapa demo justru menampilkan anak-anak di garis depan sambil membawa poster yang isinya menghujat Israel, Amerika, dan sekutunya. Seolah-olah hendak menggambarkan kalau anak-anak pun juga menentang agresi Israel.

Padahal anak-anak itu belum tahu apa-apa soal politik. Mereka cuma tahu kalau Israel itu kejam karena menyerang warga Palestina tetapi mereka belum tahu kalau pihak Hamas pun juga sering menyerang Israel. Mereka cuma tahu kalau bangsa Amerika Serikat itu biadab dan menyamaratakan semua warga negara Amerika Serikat patut dibenci.

Anak-anak yang seharusnya masih menikmati masa-masa bermain mereka sudah dipaksa memahami soal politik. Dikatakan dipaksa karena sebenarnya situasi dan kondisi mereka masih memungkinkan mereka untuk bermain dan menikmati masa kecil mereka tanpa harus dijejali dengan persoalan politik orang lain.

Selain itu tidak baik kalau sejak kecil anak-anak sudah diajari untuk membenci orang lain. Sejak kecil mereka sudah ditanami pikiran kalau Israel, Amerika, dan sekutunya adalah bangsa biadab yang suka menyerang pihak Muslim. Hal ini tentunya akan menumbuhkan sikap kebencian dan antipati terhadap semua orang yang berwarganegara Israel, Amerika, dan sekutunya. Padahal tidak semua orang dari negera-negara tersebut bersikap anti terhadap kaum Muslim. Bahkan beberapa di antara mereka justru pemeluk agama Islam.

Politik adalah urusan orang dewasa dan tidak ada kaitannya dengan anak kecil. Biarlah anak-anak menikmati masa bermain mereka.

By the way, pihak Komnas Anak kok cuma diam ya melihat hal-hal kayak gini.

 

2 Responses to Jangan Ikutkan Anak Kecil Donk!

  1. dr49on says:

    begitulah kalo persoalan politik dikaitkan dengan agama..
    sehingga rasa solidaritas menuntut harus turun ke jalan,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>