Sebagian masyarakat di Indonesia memang latah dalam hal gaya hidup demikian juga dalam hal teknologi. Ketika Nokia 6600 banyak dipakai oleh artis, masyarakat pun mengikutinya hingga menyebabkan ponsel ini mendapatkan gelar ponsel sejuta umat. Ketika Nokia 9500 akan direalese orang-orang pada ngantri dan rela membayar 13 juta untuk mendapatkan ponsel ini. Padahal harga aslinya cuma 10 jutaan rupiah. Dan sekarang ketika para artis mulai menggunakan Blackbery orang-orang juga ikut latah dengan membeli ponsel yang dikhususkan untuk maniak email ini

Harga yang selangit bukan halangan bagi mereka yang berduit untuk memilikinya. Bahkan untuk memuaskan nafsu mereka yang ngebet ingin memiliki namun belum ada uang, sebuah provider menyediakan cicilan untuk memiliki ponsel Blackbery. Padahal kalau dihitung-hitung jatuhnya lebih mahal dibandingkan beli secara langsung.

Tidak berlebihan rasanya kalau popularitas Blackberry saat ini sudah menyaingi popularitas Nokia Communicator yang telah menjadi identitas untuk menunjukkan kesuksesan orang dalam dunia bisnis.

Tetapi apakah masyarakat tahu apa kelebihan dan kelemahan Blackbery? Atau masyarakat hanya melihat kelebihan Blackbery dari sisi kepopuleran dan bentuknya yang cocok untuk pebisnis saja? Tetapi menutup mata (tidak mau tahu) terhadap kekurangan Blackbery?

Agar tidak terjebak dalam bahaya latah dan nantinya malah kecewa di belakang maka coba cari tahu dulu apa kelebihan dan kelemahan Blackbery Ingat harga Blackbery seri apapun tidak ada yang murah lho.

Kelebihan
Kelebihan Blackbery tentu saja terletak pada akses email yang on time. Begitu ada email masuk ke inbox maka otomatis Anda akan mendapatkan notifikasi, seperti halnya sms. Jadi Anda tidak perlu klik check (download) email dulu atau buka webmail, login, dan melihat ada email baru atau tidak.

Blackbery menawarkan layanan internet yang disebut Blackbery Enterprice Service (BES) untuk perusahaan dan Blackbery Internet Service (BIS) untuk personal. Layanan ini digunakan untuk keperluan email, browsing, atau menggunakan beberapa layanan yang berhubungan dengan internet yang disediakan Blackbery.

Walaupun kecepatan internetnya hanya GPRS namun kecepatannya lebih cepat dari GPRS. Hal ini terjadi karena email, browsing, atau akses internet melalui BES atau BIS telah melalui proses kompresi sehingga akses bisa lebih cepat. Namun jika menggunakan jalur GPRS maka kecepatannya juga setara dengan akses GPRS menggunakan ponsel merk lainnya.

Kelemahan
Nah, kelemahannya terletak pada harga layanan internet yang cukup mahal (untuk saat ini). Selain itu harga ponselnya juga mahal bila melihat pada feature yang ditawarkan. Kalau Anda cuma ingin merasakan email serasa SMS Anda bisa membeli ponsel bersistem operasi dengan harga yang lebih murah dan fasilitas lebih baik. Terus tinggal menambahkan jenis aplikasi push mail agar dapat menikmati email seperti di Blackbery.

Kelemahan Blackbery lainnya terletak pada kode pengaman yaitu kombinasi PIN dengan nomor IMEI. Kode ini berguna untuk mendaftar ke layanan mereka. Bila Anda membeli ponsel yang baru maka hal ini bukan masalah. Namun bila bekas, dan ternyata kombinasi PIN beserta nomor IMEI Anda diketahui hasil curian berarti Anda tidak dapat menggunakan layanan internet Blackberry selamanya. Oleh karena itu kalau membeli ponsel bekas, pastikan nomor PINnya telah dihapus dari layanan Blackberry. Kalau perlu minta surat pernyataan di atas materai dari toko penjual yang menerangkan kalau ponsel ini sudah tidak lagi terdaftar di layanan internet Blackbery.

Nah, melihat kelebihan dan kelemahan Blackbery tersebut kini keputusan ada di tangan Anda. Mau beli boleh maka tidak juga gak masalah. Jangan sampai Anda menyesal belakangan.

Kalau mau kasih ke saya juga gpp kok hehe…!

 

36 Responses to Kelebihan dan Kelemahan Blackbery

  1. che_3z says:

    makasih bos infonya..:)

  2. Pola hidup konsumtif memang mengakar di masyarakat. Blackberry juga tidak lagi dipandang sebagai barang yang mahal dilihat dari segi prestige-nya

  3. Fariskhi says:

    Hehe… saya mah gak mampu beli BB.

  4. info yg sangat berguna. Nanti kalau udah punya BB bisa mensiasatinya, itupun kalu bisa punya, hehehe…

  5. Daud says:

    Gw mah tetep cinte ma N91 n belon rncana mo ganti. Kalo mo ganti drpada blackbery mending N95 atwa 5800, fitur keren & komplet ! Ok coy ?

  6. hardono says:

    Pikir pikir dulu mas sebelum memutuskan untuk beli :D

  7. carita says:

    manteeppp bisa jadi bahan pertimbangan… walau gak kebeli :D

  8. pilihlah sesuai dengan kebutuhan bukan ngikutin keinginan…itu cara terbaik

  9. ballwell says:

    aku belum punya. . .

  10. keep says:

    weh. . .weh. . .weh

  11. Hmmm…informasi yang bagus juga yah, memang sekarang jamannya latah yah…mungkin tahun depan udah ganti bukan BB lagi jamannya, yah asal jangan ngutang aja belinya…he..he..

  12. cicurug says:

    sip tuh infonya..boleh juga..jadi tau deh kelemahannya

  13. asuransi says:

    kalau saya lebih mending pakai Nokia..Blackberry ngga terlalu penting, soalnya email bisa dibuka di kantor atau rumah, begitu pula dengan FB..

  14. Tambun.bungai says:

    Stlh membandingkan fungsi2 BB, sy pikir smartphone lain mcm E71 ato N95 lbh layak dibeli, karena: 1.org kita biasanya cpt bosan dan pengen ganti, BB ga ada hrg pasaran yg pasti, jd kemungkinan drop lbh bsr.. 2.smartphone biasa, asal pake OS bisa kok diinstall app pushmail mcm BB, malah tanpa extra biaya langganan.. 3.fitur kamera BB msh kurang maksimal juga.. 4.banyak BB yg masuk ilegal, ujung2nya fitur BES/BIS nya ga pernah bs dipake. Browsing aja ga bs.. Jd cm buat telp n sms aja, percuma kan?.. 4.menurut sy yg menarik hanya user interface nya sj yg terkesan “segar” , maklum, org kita kan suka hal2 baru, dan langsung diberi label “canggih”. Pdhal mah biasa aja.. 5.harga BB cukup mahal. Kredit? ntar pake bentar dah bosen jg. Percuma aja.
    Btw, ini opini pribadi saja. Bagi yg memang membutuhkan fitur2 khas BB ya silakan membeli. Salam…

  15. abayagamis says:

    klo dibanding iphone bgmn boss

  16. ulfa says:

    Walaupun ga kebeli buat saya (ga butuh banget gt lho)..tp info nya bgs, setidaknya bikin saya yg gaptek ini nambah (dikit) pengetahuan nya

  17. nita says:

    saya mau nanya …………… saya beli BB setelah di pakai 3 hari lagu nya bisa didengar begitu juga nada panggil.setelah dicolok kan head set nya tiba 2 suara nya hilang semua nada panggil juga hilang lagu juga tanpa suara lagi sekarang .jadi sama saja tidak bisa di gunakan untuk nelpon dll. yang saya mau tanya apa penyebab nya kok bisa hilang semua suara setelah di pakai head set.masalah nya saya tinggal di daerah belum ada teknisinya .di daerah saya . mohon jawaban nya terimakasih.anita

  18. Tommy says:

    anita : aku juga kena begitu .. tiba” gak bisa denger pake headset .. tapi kalo nelpon n denger lagu tanpa headset sih masih bisa .. awalnya aku mikir kalo ini headsetnya yang rusak .. tapi setelah pake headsetnya teman”ku semuanya juga gak bisa ..

  19. dewa bulan says:

    wawwww..,
    kalau begincu ku harus hati2 dunk kalau ku beli hp bb yang secon

  20. penggemarcommunicator says:

    klo gw mah tetep setia ama generasi communicator ajah…skrng make 9500 dah leebih dr cukup kok…
    lo bisa make office,,,internetan,,,dengerin lagu or muter movie jg bisa (walow pas2an…)
    intinya mah,,,beli sesuai kebutuhan aja deh…

  21. audrian says:

    aq berhubung dibeliin ortu BB yah tak terima aja…yg penting sms,telpon,internet,dnger musik lancar

  22. hengki says:

    trims infonya gan, kalo saya sih dah BB dari dulu alias Bau Badan, hehehe

  23. husnul says:

    gue mah masih ngefens ma 9500 soalnya selain lengkap ada wifinya juga n internetan bisa gratis , tp sayang kbel flexibel nya ngadat ,ada yang tau cara ganti/ benerin kabel flexibelnya g? kalo tau kasih tau dong ni email ku hz_mjl21@yahoo.co.id

    yang sama pake 9500 kasih tau kalo punya masalah ama hp?

  24. Pake hp ipod aja mantab, banyak yg cari di internet, lihat aja.. :)

  25. adisulya says:

    mas saya mau tanya,katanya blackberry ga bisa dilacak ataw disadap ya?

  26. Indiana says:

    Aq dah pake BB lebih Dr 1 tahun n gak ada masalah tuh… Kelebihan BB dibanding brand lain menurut aq BB emang paling oke donk… Tp memang kekurangannya juga ada, tapi kalau Kita sering menggunakan internet mameng paling pas pakai BB tapi kalau gaptek ya jangan pake BB lah…hehe

  27. Danang says:

    klo aq tunggu harga BB bold 9000 < 1 jeti azza….nyantai,biar perang harga dulu antar brand & biar terbuka semua kelemahan2nya……..yahuuuuu,aq khan kga kaya amat….& tuk sementara beli yg murahan tapi tampilan & fasilitasnya OK,Ok,Ok,selamat bagi yang termakan iklan……….kwck….kwck…..

  28. sebenernya seh minat bgt tuh pny BB9530 impian dr dl..tp berhubung duid jg kepake trs…alias kere,y mau ga mau gmn lg klo ga pertahanin NOKIA COMMUNICATOR 5110 nya…..kqkqkkkkqkkkkkqkqkkk

    Kere;Mood oN

  29. waythree says:

    mas BB klo jatoh sekali, tahan banting gak ya?

  30. ayung says:

    Klo sy malah ga ada ngiler2nya sm skali..orng sy punya hP SE G900..za ga prnah dipake fasilitas blackberry nya..jd mnurutku buat apa beli hp blackberry..pdhl di hp ku jg dah ada wifi dan blackberryannya dan segalamacem tp ga kepake soalnya sy g ngerti..sih..jd paling2 aktifin Email nya yg tempatnya bareng sm tpmat buat smsan biasaaza kan enak tinggal ngonecin doank sm pngaturan email yg udah sy buat lewat opmin

  31. Ayung says:

    oiya ada yg lupa..buat tmen2 smua..ya skedar mau membagi info aja..!
    Klo mau bli hp..nyarinya yg bisa dikasi opmin 5.1 tp yg bisa conect smpurna yah..sm opminnya alias ga kelebaran ukuran gambar..! soalnya nanti bisa internetan gratis spuasnya ky gw..mau ndouwnlod apa za bisa..tp cara setingannya mikir sndiri..!
    Daripd beli BB yg ktnya biaya akses intrnetannya mahal..!
    Maaf klo tulisanku ga nyambung..!

  32. Mr.M says:

    Kalo beli bb, wajib ktrgantungan n0h kyaknya. . . .
    N0kia aj dah, yg ngerti msyarakat. . .. . .

  33. nrocok says:

    Mau kayak apapun blackbery tetep ga akan bisa nandingin android!

  34. Org beli BB Lebih ke gengsinya dari pada manfaatnya. Sy setuju Android lebih bermanfaat. Dr pada beli BB, lebih baik beli mesin industri kecil unt bisnis.

  35. muhesa says:

    ah mixirin hp lma2 gila tr?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>