Sudah lebih dari 3 tahun dunia perponselan di Indonesia digempur dengan hadirnya berbagai ponsel asal negeri China. Ciri khas dari ponsel tersebut ialah harga murah dengan fasilitas yang tergolong wah. Hanya saja kualitasnya masih dipertanyakan. Ciri lainnya, mereka menawarkan fasilitas yang sama yang jarang dimiliki oleh ponsel dari brand yang sudah terkenal dan biasanya memiliki design yang meniru ponsel merk terkenal lainnya.

Selain itu ponsel buatan China biasanya mengikuti perkembangan dari jenis ponsel yang sedang beredar saat ini. Sebagai contoh ketika Nokia, Sony Ericsson, Motorola, atau Samsung mengeluarkan ponsel musik maka berbagai ponsel buatan China juga dibuat khusus untuk musik dengan design yang hampir sama dengan ponsel yang sudah terkenal.

Begitu juga ketika blackberry dengan ponsel qwerty-nya mulai marak maka ponsel-ponsel buatan China banyak yang diedarkan dengan fasilitas qwerty. Sekali lagi designnya meniru ponsel qwerty yang sudah terkenal.

Keberadaan ponsel buatan China baik yang memiliki merk asli China atau merk lokal sebenarnya telah dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Bahkan keberadaan mereka telah mampu menggerus pasaran ponsel merk yang sudah terkenal. Tidak heran bila beberapa vendor terkenal akhirnya ikut mengeluarkan ponsel yang dibanderol dengan harga murah.

Sayangnya mereka belum bisa melakukan suatu gebrakan yang benar-benar menggebrak. Jarang sekali kita mengetahui suatu vendor (brand) yang hanya fokus pada fungsi tertentu. Misalnya khusus memproduksi ponsel musik, ponsel bisnis, atau ponsel kamera.

Belum juga ada ponsel buatan China yang mampu membuat kualitas fasilitasnya lebih atau hampir sama dengan ponsel merk terkenal. Sebagai contoh dulu ada vendor yang mampu menghasilkan ponsel kamera dengan kekuatan 5 megapixel namun setelah di-compare dengan ponsel merk terkenal yang berkekuatan 3,2 megapixel hasilnya lebih baik dari ponsel berpixel rendah.

Untuk urusan bermusik pun ponsel buatan China masih jauh dibandingkan ponsel buatan vendor ternama.

Kalau saja ponsel buatan China mau mengenjot kualitas mereka sehingga bisa bersaing dengan kualitas ponsel ternama tentunya penerimaan masyarakat akan lebih baik lagi.

 

14 Responses to Ponsel dari China Perlu Membuat Gebrakan

  1. sasa says:

    pertamaxx gan.. hehe,,
    ponsel cina ga bisa bersaing..
    cuma bisa banting harga..
    kualitas pun ikut d banting…

  2. Siti Rohana says:

    Betul, tapi bagaimanapun juga mereka sudah bagus yang saya tunggu ponsel buatan Indonesia bung…belum muncul muncul ya

  3. camera says:

    yah memang benar

  4. sms cinta says:

    bener tu,kualitas ga terjamin hehe

  5. Deni says:

    saya mah menunggu ponsel dari Indonesia aja.. ada gak ya? :D

  6. omson says:

    yah China … produknya belum jelas kualitasnya … tapi kalau kita beli terus kualitasnya suatu saat akan jadi bagus. Kan mereka jd punya dna buat perbaikan

  7. ya mungkin kalau di tingkatkan kualitasnya mungkin jadi pilihan banyak orang..tapi kelihatannya China lebih memilih kwantitas dari pada kualitas itu yang ane lihat dari produk elektronik dari China..bahkan penjualnya pun sependapat

  8. movie sport says:

    tp jgn asal ngebanting jg gan

  9. Waahhh informasinya sangat bermanfaat
    Ane coba deh..
    Oiya mampir2 donk gan ke blog ane, msh newbie niih

  10. Ika says:

    disadari atau tidak ponsel cina juga punya pasar tersendiri yang cukup fanatik bahkan

  11. china memang tiada bandingannya

  12. toko online says:

    mutu ponsel cina masih perlu dipertanyakan

  13. Ankur Divya says:

    Dipilih dan dipilah, ponsel cina aku kurang suka. Semoga Indonesia segera bisa hadir, tentunya dengan mutu yang da mengecewakan. Banyak yang nunggu tuch….

  14. risky says:

    yg pnting kualitasnya dunk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>