Secara garis besar proses update firmware Siemens SX1 sebenarnya sama dengan update firmware ponsel Siemens lainnya. Yang membedakan hanyalah kabel data yang digunakan ialah kabel bawaan SX1 (DCA-540) yang disertakan dalam paket pembelian. Kabel data ini menggunakan port usb pada komputer dan harus menginstal driver terlebih dahulu.

Pengetahuan update firmware ini nantinya juga akan berguna untuk patching pada SX1. Berbeda dengan patch pada ponsel Siemens lainnya yang bisa langsung diterapkan pada ponsel. Patch pada ponsel Siemens SX1 prosesnya diterapkan dulu pada firmware baru kemudian firmware yang telah dimodif tersebut diupdate ke Siemens SX1.

Sebelum mengupdate cek dulu versi firmware Siemens SX1mu terlebih dahulu dengan menekan *#06# lalu itu klik info. Versi firmware ialah nomor SVN (Contoh SVN: 15 maka firmwarenya versi 15, versi terakhir).

Catatan:

  • Walaupun proses update ini telah sukses saya coba, namun saya tidak bertanggung jawab bila ada resiko kerusakan setelah melakukan proses di bawah ini. Resiko ditanggung sendiri!!

Perlengkapan

  1. Ponsel Siemens SX1 dalam kondisi baterai full
  2. Kabel data DCA-540
  3. Firmware dan driver untuk kabel data
    Cari di: http://eh.student.utwente.nl/~landy/
    Username: mobile
    Password: elibom
    Masuk ke bagian SX1_SX1C, untuk driver download file SWUP_USB-driver_SX1.zip. Sedangkan untuk Winsup masuk ke folder WinSWUP. Lalu download Firmware yang ingin dipakai. Kompisisi nama menunjukkan edisi, bahasa, versi, sub versi. Sebagai contoh: SX1_International-uk-de-it_15_0001_service.zip menunjukkan edisi internasional, dengan bahasa Inggris, Jerman, dan Italia, versinya 15 dengan sub versi 00001.
  4. Komputer dengan sistem Windows 95 keatas.
  5. Jangan lupa doa agar komputer tidak hang, listrik tidak padam, dan proses dapat berjalan dengan lancar. :)

Langkah Memulai

  1. Ekstrak terlebih dahulu file SWUP_USB-driver_SX1.zip. File ini digunakan sebagai driver bagi kabel data DCA 540.
  2. Matikan ponsel Siemens SX1.
  3. Sambungkan kabel data dengan komputer dan ponsel Siemens SX1.
  4. Hidupkan SX1 dalam update software mode. (Tekan joystick lalu tekan power on)
  5. Jika ini update untuk pertama kali di komputer tersebut maka Windows akan meminta driver. Arahkan instalasi driver ke tempat dimana kamu mengekstrak file SWUP_USB-driver_SX1.zip tadi.
  6. Setelah proses install driver selesai jalankan Winswup dan cek semua pilihan di bagian Combination-File Content dan cek pada box Skip di bagian Pre-Check dan Post-Check

    Siemens SX1 Winswup
  7. Pilih pada Serial Config lalu pilih USB Only pada Switch USB-Serial

    Siemens SX1 Winswup
  8. Pastikan SX1 masih menampilkan mode update software dan tidak mati. Jika mati hidupkan kembali ke update software mode
  9. Kembali ke Winswup lalu tekan START atau START and CLOSE kemudian klik OK pada peringatan selanjutnya.
  10. Tunggu sampai proses selesai. Usahakan proses update tidak berhenti ditengah jalan entah itu karena mati lampu, restart atau kabel sengaja dicabut hehe

Setelah selesai, silakan cabut kabel data, nyalakan ponsel lalu cek firmware dan rasakan perbedaannya. :)

Selamat mencoba :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>