Bulan ini jumlah uangku di Google Adsense sudah menembus angka $100 artinya bulan depan kalau disetujui Google akan mengirimkan cek. Cuma aku sendiri agak males menerima cek yang masih sekitar $100an gitu. Pada pencairan kemarin aku sempat shock dengan prosedur pencairan cek Panin yang katanya kebijakan baru saja berubah. Awalnya aku dikasih tahu teman kalau inkaso disana hanya kena charge sedikit tapi ternyata chargenya nyampe $35 alamak…. banyak benar. Kalau ceknya gedhe sih gak masalah. Lha ini ceknya cuma dikit hehe.

Inilah yang kemudian membuatku menunda dulu pembayaran dari Google, ntar kalau sudah gedhe baru direlease lagi biar di kirim.

Sampai saat ini total sudah ada dua bank tempat aku mencairkan cek dari Google Adsense. Selain dari bank Panin ada juga dari Bank Niaga. Kalau dari bank Niaga sih enak (dulu) cuma kena charge $5, dikit banget kan hehe. Waktu itu aku langsung buka rekening dan proses inkaso bisa langsung berjalan. Sayangnya rekeningku di bank ini sudah aku tutup. Soalnya dulu rekening ini emang hanya untuk nyairin cek di Google Adsense saja. Nah, berhubung dulu sempat ‘cuti’ dari Google Adsense dan uang terus digunakan ya habislah uang di sana dan otomatis rekening ditutup.

Karena penasaran aku berkeliling ke beberapa bank di wilayah Solo. Dari hasilnya hanya bank Lippolah yang menarik uang paling ringan dengan catatan uang bisa dicairkan. Berikut rangkuman biaya inkaso beberapa bank di kota Solo.

  • Bank Lippo
    Biaya $10 dengan tambahan biaya jaminan sebesar $20. Biaya jaminan ini akan dikembalikan bila uang bisa dicairkan. Bila tidak maka biaya ini tidak dikembalikan. Jadi jumlah uang yang disetor di muka ialah $30.

  • Bank Niaga
    Biaya 1/10% dari jumlah uang yang akan diinkasokan dengan nilai minimal $10. Jadi kalau 1/10% dari jumlah uang yang akan diinkaso belum mencapai $10 maka yang digunakan ialah $10 tersebut. Biaya jaminan sebesar Rp 250.000,- yang akan dikembalikan bila uang berhasil dicairkan. Selain itu usia tabungan minimal 6 bulan. Jadi total biaya yang disetor di muka ialah 1/10% dari jumlah uang yang akan diinkaso ($10) ditambah Rp.250.000,-

  • Bank Panin
    Biaya $35 dan tidak ada yang dikembalikan… Huaaa!

  • Bank Mandiri
    Biaya 1/8% dari total uang yang akan diinkasokan dengan jumlah minimal $15. Ditambah biaya lain sebesar $30. Sebagai catatan ini bukan biaya jaminan jadi tidak akan dikembalikan bila proses inkaso berhasil. Jadi total biaya yang harus disetor sebesar $45. Huaaaaa (lebih kenceng)

Proses inkaso di semua bank tersebut memakan waktu yang tidak sebentar, lebih dari 3 minggu.

Nah sekarang jadi bingung nih. Aku pernah jadi nasabah semua bank diatas namun yang aktif sekarang cuma Panin. Kalau mau aktifin atau bikin di Lippo lagi sama artinya ntar rekeningku dan istri sama donk. Lagi pula suku bunga di Lippo kuecilll buanget. Kalau di bank Mandiri sebenarnya gedhe cuma gak kuat charge inkasonya.

Sampai saat ini masih bertahan di bank Panin soalnya selain potongannya yang cuma Rp 5.000,-(pakai tabanas soalnya) bunganya gak terlalu kecil, uang juga bisa diambil di ATM manapun hehe. Dukanya ya itu kalau inkaso siap-siap kasih bank sebesar $35. Wadaooow

 

2 Responses to Pengalaman Pencarian Cek (Inkaso) di Bank

  1. pejrz says:

    kalo cairin cek di bank lippo harus punya rekening dulu pa ga?
    tolong du bales di email saya yahhh…makasih. aku juga lGI bingung nih mau cairin cek.

    salam blogger solo

  2. hahahaha :) agak bingung sih , tapi ngerti.? kalau nyairin cek di bank , sering sih di bank mandiri :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>