Pada awalnya aku menduga kalau warna untuk iklan Adsense terbaik yang bisa memberikan penghasilan alias klik yang maksimal ialah warna yang disesuaikan dengan warna situs. Misalnya background situs yang dipasangi adsense ialah putih, warna hurufnya hitam sedangkan linknya biru maka iklan adsensepun harus memiliki background putih, tulisan hitam, dan judul biru, karena judul tersebut dianggap link. Asumsinya jika ini diterapkan dengan baik (juga memperhatikan tata letak) akan kelihatan seperti bagian dari situs, bukan iklan. Jadi orang tidak akan keberatan untuk mengklik. Ingat user dimanapun sebenarnya paling males kalau harus klik iklan.

Namun ada juga yang bilang kalau yang terbaik itu sebenarnya warna biru karena orang akan berasumsi bahwa warna biru ialah warna link. Dan link bisa di klik. Bandingkan bila diwarnai hitam, orang akan berasumsi itu bukan link, kecuali pengunjung mengarahkan mousenya ke link tersebut.

Ada juga yang bilang kalau yang terbaik itu warna ngejreng, warna yang sangat mencolok. Sebagai contoh warna merah. Dengan warna yang ngejreng diharapkan dapat langsung menarik perhatian pengunjung sehingga mereka dapat langsung mengkliknya.

Nah lho, kok ternyata ada banyak pilihan yang menyatakan terbaik. Lalu yang benar yang mana donk?

Setelah baca-baca di berbagai blog para master adsense maupun e-book tentang adsense aku tarik satu kesimpulan bahwa warna yang dapat memberikan penghasilan terbaik setiap situs berbeda-beda. Nah lho, bingung kan?!

Begini memang benar bahwa 3 pilihan (menyesuaikan warna dengan warna situs, biru, warna ngejreng) tersebut dapat menghasilkan nilai income yang lebih tinggi dibandingkan pilihan warna yang lainnya. Namun warna seperti apa yang tepat tentunya tidak dapat dipukul sama rata. Ada situs yang penghasilkan bagus bila warna adsense disesuaikan dengan warna situs, namun ada juga yang malah turun.

Sebagai catatan ketiga pilihan tersebut digunakan bila:

  • Pilih warna yang sesuai dengan warna situs bila kamu ingin tampilan adsense seolah-olah bagian dari situs.
  • Pilih warna ngejreng (umumnya merah) bila kamu ingin menonjolkan iklan adsense sehingga pengunjung tertarik untuk mengkliknya.
  • Pilih warna biru bila kamu pengen mengandalkan pikiran pengunjung bahwa warna biru biasanya link.

Lalu bagaimana cara mengetahui warna terbaik untuk situsku?
Jawabannya tentu saja dengan mencoba! Caranya ialah dengan memanfaatkan fasilitas channel yang disediakan oleh pihak Google Adsense.

Dengan berpedoman pada ketiga pilihan tersebut coba buat kode adsense dan berilah channel yang menunjukkan identitas warna dari kode tersebut. Misalnya warna biru di situs A beri channel situsA_biru. Terus pasang kode tersebut di situsmu dan biarkan selama beberapa hari atau bulan hehe. Jangan lupa untuk mencatat pendapatan dari channel tersebut.

Setelah beberapa hari atau bulan ganti dengan warna yang lain dan catat incomenya. Atau bisa juga warna tersebut dikombinasikan. Misalnya iklan pertama diberi warna biru, kedua merah, dst. Nah, hasilnya bisa dilacak dari channel yang sudah dibuat.

Lalu buat perbandingan warna mana yang menghasilkan pendapatan yang paling besar. Kalau sudah ketemu pakai terus warna tersebut agar penghasilan kamu tetap tinggi.

Mudah kan?! Sebagai catatan aku sendiri juga masih coba-coba nyari kombinasi warna apa yang paling cocok untuk situsku hehe. Tapi yang jelas caranya mudah bukan?! Nah sekarang tinggal prakteknya. Have fun!

 

4 Responses to Warna Adsense Terbaik Untuk Meraih Pendapatan Maksimal

  1. rumahmode says:

    pengen nyoba. tp blm di approve google nih

  2. jojo says:

    mas….kode2 nya ada nggak mas?
    tolong carian2 kodenya mas.

  3. ragadiyem says:

    wah…bagus nih….mo belajar tips-tips nya dong…ok..makasih…eh lam kenal ya….

  4. hahahaha :D sampai pewarnaan juga yah :) iya iya.. :D makasih yah , udah di sharing :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>