Ada banyak cara untuk mempromosikan atau lebih kerennya mempopulerkan blog kamu. Mulai dari mendaftarkan ke search engine kayak Google atau Yahoo, memasukkan ke direktori, sampai iklan baris baik di media cetak maupun online. Cara lainnya bisa juga dengan nyebarin brosur yang berisi informasi blog kamu.

Apakah semua cara itu salah? Tidak juga. Cara yang aku sebutkan diatas juga manjur untuk mempromosikan blog. Aku sendiri juga pernah nyebarin brosur untuk promosi proyek beasiswa

Tapi selain cara tersebut ada juga cara lainnya yang lebih mudah. Cara ini sangat cocok buat kamu yang suka diskusi di forum atau jalan-jalan ke berbagai blog. Cara tersebut adalah:

1. Memberikan komentar di Blog
Jangan lupa memberikan komentar untuk setiap blog yang kamu kunjungi. Biasanya fasilitas komentar ini akan menyediakan tempat untuk ninggalin alamat url. Nah manfaatkan hal itu. Lebih baik lagi kalau komentar di blog tersebut tidak diberi label nofollow jadi link yang ada di komentar tersebut juga bakalan ke-index sama Google. Dengan demikian selain orang bakal tahu alamat blog kamu, page rank blog kamu di Google juga bakalan naik.

Untuk mencari blog-blog apa yang nerapin sistem do follow (menghapus atribut nofollow) tinggal search aja di Google

2. Membuat Signature di Forum Diskusi
Nah ini sangat cocok buat kamu yang gemar main ke forum diskusi. Manfaatin aja fasilitas signature untuk mempromosikan blog kamu. Buat deskripsi yang singkat padat dan menarik untuk jelasin blog kamu. Dengan demikian orang akan tertarik untuk mengklik alamat blog di signature kamu. Gunakan saja tulisan daripada gambar.

Sebaiknya pilih forum yang sesuai dengan topik blog kamu. Dengan demikian signature kamu akan dibaca oleh mereka yang memang sedang mencari informasi mengenai topik tersebut. Hal ini membuat kemungkinan orang mengklik blog kamu semakin besar.

Bila kesulitan mencari forum yang sesuai dengan topik blog kamu, pilih saja forum-forum besar yang memiliki banyak anggota aktif.

Dengan menerapkan kedua cara diatas, selain mendapatkan pengetahuan dan menjalin relasi dengan orang lain kamu juga dapat nitip promosi blog. Keuntungan lainnya kamu gak perlu pasang alamat blog mereka di situs kamu. Inilah yang dikenal dengan istilah one way backlink hehe.

Kalau ada cara lain yang lebih mudah boleh dibagikan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

4 Responses to Langkah Mudah Mempopulerkan Blog

  1. aries says:

    mas ,makasih banget lho buat masukannya,insya allah saya coba praktekan

    kalo boleh tolong kirimin aku artikel lainnya seputar menaikan page rank atau traffic ke email aku dounk :-)

  2. Mas Joko says:

    nyari blog2 yg dofollow di google gmn caranya? trims

    http://masjoko.blogdetik.com/

  3. deddy says:

    Thanks infonya,pasang iklan juga bisa tuh untuk mempopulerkan blog.

  4. Owner7610 says:

    aku kok belum mudeng…ya!kirim penjelasanya dunk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>