Apa sih Alexa kok bilang penting gak ranking di Alexa? Alexa merupakan sebuah perusahaan yang mengukur trafik ranking dari sebuah website berdasarkan pola penggunaan Alexa toolbar dalam kurun waktu 3 bulan. Ranking tersebut ditentukan berdasarkan pengukuran reach dan pageviews. Reach diukur dengan melihat jumlah dari pengguna internet global yang mengunjungi sebuah situs. Sedangkan pageviews merupakan jumlah total dari pengguna alexa yang mengakses URL sebuah site. Akses URL yang berulang dari 1 user pada hari yg sama akan dihitung sebagai satu pageview.

Nah berdasarkan hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tinggi tidaknya ranking di Alexa ditentukan oleh banyak tidaknya pengunjung yang mengakses menggunakan Alexa toolbar. Jadi bukan sekadar pengunjung pakai browser biasa.

Tentu saja hal ini tidak dapat dijadikan sebagai patokan bahwa situs/blog kita ramai oleh pengunjung. Apalagi banyak webmaster yang bisa mengakali menaikkan ranking situs/blog mereka di Alexa.

Kalau begitu apakah ranking di Alexa itu penting?

Ranking di Alexa tetap penting bila kamu mau mencari uang melalui blog. Beberapa situs yang menyediakan jasa get paid to review (memberikan uang bila kita menulis sebuah review) mensyaratkan pentingnya posisi blog di Alexa. Semakin tinggi ranking Alexa semakin besar pula blog kamu dihargai.

Cara Menaikkan Ranking Alexa

Dari beberapa masukan blogger dan webmaster berikut beberapa cara untuk menaikkan ranking Alexa

  • Gunakan Alexa Toolbar
    Surfing (termasuk akses situs/blog kamu) menggunakan browser yang sudah dipasangi Alexa Toolbar. Tools ini bisa di dapat langsung di situs Alexa atau bila kamu menggunakan Firefox bisa menggunakan SearchStatus
  • Gunakan Alexa Widget
    Pasang Alexa Widget di blog yang ingin kamu optimalkan ranking Alexanya

Sebagai catatan cara-cara diatas juga sedang saya coba. Jadi buat yang pengen nyoba kita coba bareng-bareng yuk :)

 

One Response to Pentingkah Ranking di Alexa?

  1. Caang says:

    Terima kasih infonya.
    Saya akan memasang Alexa widget seperti yang Bapak sarankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>