Gerakan do follow saat ini memang sedang populer di kalangan para blogger. Pada intinya do follow merupakan suatu gerakan memberikan kesempatan pada orang untuk mempromosikan blognya dengan berkomentar di blog kita. Dengan demikian pengunjung mendapat keuntungan karena telah promosi sedangkan pemilik blog diuntungkan dengan adanya komentar untuk postingannya.

Secara lebih detail biasanya blog menempatkan atribut rel=’external nofollow’ di bagian link komentar. Hal ini menyebabkan semua link di bagian komentar akan diabaikan oleh Google. Sehingga ranking link tersebut tidak akan naik. Nah, kalau rel=’external nofollow’ ini dihilangkan maka link yang biasanya merupakan alamat blog komentator akan di-index oleh Google. Sehingga ranking alias page ranknya di Google akan naik.

Ingat lho kalau salah satu faktor penentu naik turunnya page rank ialah banyak sedikitnya link di suatu situs ke situs tersebut.

Jadi dengan mengikuti gerakan ini blogger akan membantu blogger lain untuk menaikkan ranking blog mereka di Google. Lha terus ranking blogku sendiri ikut naik gak?

Tentu saja tidak. Kecuali Anda juga rajin berkomentar di blog penganut do follow lainnya.

Tapi tunggu dulu, yang namanya membantu orang lain itu gak ada ruginya kok. Dengan mengikuti gerakan ini maka postingan Anda akan ramai dikomentari para pengunjung. Nah, berawal dari komentar bisa jadi mereka malah jatuh cinta dengan blog Anda terus jadi pengunjung tetap.

Assoy kan?!

Tapi tunggu dulu, gerakan ini juga membawa efek negatif bagi blog penganutnya. Hal ini terjadi bila banyak pengunjung yang hanya memberikan komentar sampah atau komentar ringkas ya, bagus, thanks, dll. Akibatnya blog kamu hanya akan dijejali komentar sampah. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan menggunakan plugin anti spam yang otomatis akan menghapus setiap spam yang masuk.

Cara lain ialah memoderasi komentar yang masuk. Setiap pesan harus disetujui sebelum di tampilkan. Nah, kalau ada pesan-pesan sampah hapus aja. Jadi sering-sering aja memonitor pesan.

Memang sih semuanya itu perlu perjuangan, orang Jawa bilang “jer basuki mowo bea”

Lha terus keuntungan dan kerugian dengan do follow apa donk? Coba deh baca tulisan di atas dengan lebih teliti terus buat sendiri poin keuntungan dan kerugiannya apa. Ntar kan ketemu. OK

 

29 Responses to Keuntungan dan Kerugian dengan Do Follow

  1. myrazano says:

    terimakasih mas atas informasinya

    saya sedang bingung dengan back link
    yang tidak dihitung dan dihapus oleh google
    sebanyak 347 link

    tapi blog mas ini do follow ngak mas

    terimakasih

  2. rizky says:

    maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here…

  3. hardono says:

    @myrazano
    Blog saya do follow mas, jadi silakan komentar sepuasnya asal halal hehe

    @rizky
    Makasih ya mas

  4. adi says:

    kebetulan saya lgi nyari2 apa kerugian/keuntungan do follow/no follow.
    makasih sharingnya mas…..
    sekalian numpang link…..

    Adi

  5. salam kenal mas, aku juga baru nyoba blog ku jadi dofollow blog nih.. pengen tau efeknya gimana. denger2 sih kalo yg udah ber page rank pada jadi turun PR nya.. jadi ya mumpung blog ku blum ada PR nya, testing aja dulu.. :-)
    -sita-

  6. Krishna says:

    takut ah, entar PageRank kita “digebukin” mbah google

  7. deddy says:

    Seberapa pengaruh sih mas bagi google kalau kita dofollow?
    Blog aku dofollow juga lagi coba2.

  8. dr49on says:

    mantap artikelnya mas, yang penting keep blogging, menjalin silaturahmi.
    Jadi lebih bagus memberikan backlink melalui posting..

  9. Blog Ijo says:

    waduh masih newbie nih
    jadinya masih aja bingung.
    hehehe…

  10. oh jadi klo situs kita do follow hanya tinggal sortir komentar yah biar spammer tidak merajalela. Ada gunanya juga sih do follow ini cm jadi rajin sortir deh. Makasih infonya.

  11. […] Tentu saja tidak. Kecuali Anda juga rajin berkomentar di blog penganut do follow lainnya Tapi tunggu dulu, yang namanya membantu orang lain itu gak ada ruginya kok. Dengan mengikuti gerakan ini maka postingan Anda akan ramai dikomentari para pengunjung. Nah, berawal dari komentar bisa jadi mereka malah jatuh cinta dengan blog Anda terus jadi pengunjung tetap.. (sumber) […]

  12. buJaNG says:

    Tentang kelebihan dan kekurangan dofollow dah saya baca bolak balik cuma saya masih bingung, sebaiknya saya pake dofollow atau nofollow saja…?

  13. iklan fresh says:

    Info yang menarik. Thx infonya

  14. ulumuddin says:

    oo .. gitu tho, ni blogku malah udah do follow ..kalo ga salah . eh emang caara ngeceknya gmn sih?

  15. Melihat postingan komentar diatas, memangnya jika blog kita menganut do follow bisa mengurangi PR kita?

  16. Deni says:

    makasih banyak infonya bos
    salam dari Karawang

  17. Deni says:

    oh iya bos, apakah dengan do follow akan membebani blog kita gak, dengan terlalu banyak menyimpan link keluar nantinya?

  18. kalau untuk situs lintas dan infogue itu memang sudah dofollow, tolong juga di buatkan list situs lain yang dofollow terutama yang bahasa indonesia

  19. putra says:

    mau tanya ni om,, katanya, dofollow itu bisa bikin drop pr,, apa bener tu,

  20. hielmy says:

    blog saya juga baru di-dofollow-kan. bukan apa2, sekarang ini kalau blog tidak di-dofollow-kan orang akan malas berkomentar. hehe… tp saya sendiri bukan pengejar traffic atau pengen menjadi seleb blog, jadi komentar tetep harus relevan. kalau isinya ngejunk akan saya hapus :)

    salam kenal.

  21. andy says:

    iya sob, emang nasibnya blog do follow pastinya bakal banyak dapat komentar sampah yang intinya cuma ingin menaruh link agar bisa meningkatkan pagerank tanpa tertarik dengan isi artikel yang disediakan. Tapi ini semua kembali ke orangnya masing-masing. Untuk keuntungan dan kerugian pastinya seimbang dan kekurangannya kan bisa ditutupi dengan trik diatas. thank sob, btw blognya klo aku cek do follow nih. salam kenal sob

  22. Pada intinya para bloggerlah yang harus menentukan sendiri mau menggunakan doFollow atau tidak…

  23. Gede Wiweka says:

    Blog saya juga dofollow. Apa bener bisa nurunin PR? Tapi ngga apa blog saya belum ber-PR

  24. saya mh mau ikut yg untung nya aja ahc drpada yng rugi mh heheh gugh pa pha kan gan
    salam knl

  25. Citizen says:

    Naice inpoh gan…
    Mampir juga y gan….

  26. Minez says:

    Mampir om, info dofollow n nofollow
    masih bingung nh….

  27. hidup do follow, hehe webku blom do follow sih…

  28. hary says:

    MASIH TETEP bingung………………
    mau pakr nofollow ato tetep dofollow…

    kunjungi balik ya bos…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>