Sudah jadi kebiasaanku kalau ke warnet biasanya nyari beberapa situs penting terus save dan baca di rumah. Yang jadi masalah kalau waktu loading situs tersebut lambat dan masih banyak yang harus dicari sedangkan waktu yang dimiliki sangat terbatas. Wah lengkap sudah betenya. Tapi kemarin baru saja menemukan tools yang cukup manjur mengatasi hal ini.

Tools ini sebenarnya merupakan add-ons untuk browser Firefox. Jadi pengagum browser selain Firefox sorry ya gak bisa pakai. Kecuali kalau Anda mau pindah ke Firefox hehe. Nama add-onsnya yaitu ScrapBook.

ScrapBook memiliki cara kerja layaknya offline browser. Add-ons ini akan menyimpan halaman situs yang dibuka dengan menyediakan opsi file apa saja yang akan disimpan dan sampai kedalaman berapa link situs tersebut akan disimpan. Sebagai catatan 0 untuk menyimpan halaman depan saja.

Cara Penggunaan

Untuk menggunakannya install terlebih dahulu ScrapBook. Setelah selesai pada bagian atas browser akan muncul menu ScrapBook.

Nah, untuk menyimpan sebuah situs tinggal ketik nama situs terus klik menu ScrapBook -> Capture Page atau dengan menekan Ctrl+Shift+L Untuk pengaturan yang lebih lengkap pilih Capture Page As atau dengan menekan Ctrl+Shift+K

Saat memilih opsi ini akan muncul opsi judul, ke folder mana situs akan disimpan, file tipe apa saja yang di simpan, kedalaman link, dan pengaturan lainnya.

Yang menarik Anda tidak perlu menunggu situs sampai selesai di loading baru di ScrapBook tetapi begitu selesai ketik nama situs atau membuka situs bisa langsung di ScrapBook. Tools ini otomatis akan mendownload isi situs yang Anda simpan. Jadi akan bisa melanjutkan membuka situs lainnya.

Situs yang telah di simpan bisa dilihat di bagian sidebar ScrapBook dengan mengklik menu ScrapBook -> Show in Sidebar atau dengan menekan Alt + K. Untuk membaca tinggal klik judul yang muncul di bagian sidebar tersebut.

Hal menarik lainnya tools ini juga menyediakan opsi pencarian. Hal ini tentu sangat menolong Anda bila telah memiliki banyak koleksi situs di ScrapBook

Bagaimana Menggunakan di Warnet

Sekarang bagaimana bila saya online dari warnet sementara saya tidak tahu di folder mana situs ini di simpan?

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan Firefox Portable dan install di flash disk Anda. Terus install Scrap Book di Firefox tersebut. Terus gunakan Firefox di flashdisk ini setiap Anda browsing di warnet. Dengan demikian Anda tidak perlu susah-susah memikirkan di mana file situs tersebut di simpan.

Cara lainnya tentu saja dengan memindahkan folder penyimpanan ScrapBook dari warnet ke komputer Anda. Caranya:

  • Buka Sidebar ScrapBook (Alt+K) terus klik menu Tools->Option pada pojok kanan atas sidebar ScrabBook
  • Buka tab Organize pada jendela option ScrapBook lalu pada bagian Location to Store Data pilih Save data to Klik Browse untuk menentukan ke folder mana situs akan di simpan.
  • Setelah selesai browsing copy seluruh folder tempat Anda menyimpan hasil situs tadi ke flashdisk.

Nah sekarang bagian yang agak rumit yaitu memindahkan isi dari folder yang di warnet ke folder penyimpanan pada Firefox di komputer Anda. Sebelum memindahkan pastikan Anda juga mensetting penyimpanan ScrapBook di komputer Anda ke folder pilihan. Foldernya bebas terserah Anda. Sebenarnya tanpa harus mengganti ke folder pilihan alias menggunakan Profile Folder bukan suatu masalah asal Anda tahu di mana letak Profile Folder tersebut

  • Pindahkan semua isi folder di warnet tadi ke folder penyimpanan ScrapBook di komputer kecuali file scrapbook.rdf
  • Buka file scrapbook.rdf yang dari warnet dengan notepad atau text editor kesayangan kamu
  • Copy semua isi yang terdapat di antara kode


    <RDF:RDF xmlns:NS1=”http://amb.vis.ne.jp/mozilla/scrapbook-rdf#”
    xmlns:NC=”http://home.netscape.com/NC-rdf#”
    xmlns:RDF=”http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#”>
    ——copy kode yang ada di sini——
    </RDF:RDF>

  • Buka file scrapbook.rdf yang ada di komputer lokal dan paste kode tadi sebelum kode

    </RDF:RDF>

  • Restart browser Firefoxmu dan lihat hasilnya di bagian sidebar ScrapBook.
  • Selamat Mencoba!

 

6 Responses to Simpan Situs Lebih Mudah dengan ScrapBook

  1. memed says:

    thank infox panduannya

  2. Josua says:

    Karena prosesnya yang agak lama (karena untuk satu keseluruhan alamat),ketika sedang ng-"capture", lalu kita off,bagaimana dengan hasil capture nya?Apakah hasilnya tetap komplit atau akan off juga?

  3. dwanamocha says:

    kenapa setelah saya capture terus saya buka secara offline ada gambara yang tidak tampil??? katanya nggak perlu loading pagenya selesai bisa langsung capture… nggak berlebihan tuh… anda pernah coba ato cuma copy paste dari blog lain neh…

  4. Ari Bayu says:

    Goooddd…
    makasih banyak teman.
    dwanamocha : coba cek menu penyimpannny

  5. raidid says:

    whoa how does it work, how about huge article website?

  6. gan tau gak cara buat perbaiki firefox yg prosesnya gede biar jd kecil?
    makasi infonya semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>