Pernah gak memperhatikan bagaimana masyarakat mengucapkan kata Indonesia. Kalau jeli Anda akan menemukan sebagian orang justru melafalkan dengan ucapan Endonesia bukannya Indonesia.

Hal ini terjadi bukan hanya dalam percakapan sehari-hari melainkan juga dalam kegiatan resmi seperti upacara atau seminar. Salah pengucapan ini juga sering terjadi saat menyanyikan lagu kebangsaan, Indonesia Raya

Ini merupakan masalah sepele yang kadang terlewatkan begitu saja. Namun, pengucapan yang benar terhadap nama negeri ini juga bisa menunjukkan penghormatan terhadap negeri ini sekaligus rasa nasionalisme.

Yuk kita mulai introspeksi apakah kita masih sering mengucapkan Endonesia atau Indonesia.

 

8 Responses to Indonesia atau Endonesia

  1. bule says:

    betul sob..smua org di negeri ini termasuk aq terbiasa melafalkan indonesia dengan kata endonesia krn pengaruh sejak sekolah dasar

  2. Kita memang selali keliru, dalam banyak hal.

  3. indo girls says:

    tuh gara2 pengaruh jaman belanda dulu, makanya jangan sok nasionalis kalo melafalkan aja gak bener, wkwkwkwk.

  4. dealer pulsa says:

    ya gak segitunya lah boss, tuh kan cuman masalah kebiasaan ‘lisan’ indonesia saja. seperti juga orang jawa biasa ngucapin nama2 kota (seperti) diawali huruf ‘m’ atau ‘n’. misalnya mbandung, mbogor, njuana, njambe dll.
    jadi aku kira kok gak ada urusannya dengan pengaruh belanda n nasionalisme to boss.

  5. Bener mas,saya jg kdng bngng mana yg bnr pk “i” atau “e”

  6. I like this blog. interesting and useful for me. I am so increased knowledge.thanks and godbless

  7. risky says:

    aku cinta Indonesia…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>