Pada akhir bulan November 2009 yang lalu ibu menderita penyakit bisul di punggungnya. Tidak tanggung-tanggung sampai 3 bisul. Alhasil badannya langsung lemas. Setelah kuperiksakan ternyata sakit ibu tidak kunjung sembuh melainkan bertambah parah. Akhirnya aku dan istriku memutuskan untuk membawa ibu ke rumah sakit.

Karena kondisinya sangat lemas, ibu langsung dimasukkan ke UGD untuk menjalani perawatan. Setelah tahu luka bisulnya yang sudah menganga, ibu langsung di tes kadar gulanya. Namun, tes yang dilakukan dengan alat kecil (aku tidak tahu namanya) tersebutk tidak membuahkan hasil. Kadar gula ibu terlalu tinggi jadi harus dilakukan tes melalui pengambilan sample darah di laboratorium.

Hasil dari tes tersebut menunjukkan kalau kadar gula ibu menunjukkan angka di atas 800 dari normal 120. What’s ????!!! Padahal orang dengan kadar gula 600 biasanya udah pingsan. Bahkan beberapa orang sudah tidak kuat bila gulanya 400. Tetapi ibu masih kuat dengan kadar gula 800.

Agar gulanya bisa turun maka diputuskan agar ibu dirawat di rumah sakit dulu. Namun hal itu ditentang oleh ibu. Dalam kondisi setengah tidak sadar, ibu terus mengigau meminta pulang. Namun, kami tetap berupaya membujuk agar ibu dapat bertahan di rumah sakit.

Selama di rumah sakit, ibu menjalani terapi infus insulin agar gulanya turun. Hasilnya setelah lebih dari 10 jam diinfus gula ibu turun menjadi 154. Sayangnya ibu terus berontak ingin pulang sehingga terapi tersebut tidak dilanjutkan dan ibu kami ajak pulang.

Alasan utama kenapa aku memutuskan untuk mengiyakan ajakan ibu waktu itu karena selama di rumah sakit, ibu terlihat tidak nyaman. Menurutku hal ini sangat berpengaruh kepada kondisi psikis ibu. Sebagus apapun obat yang diberikan tapi kalau psikisnya tidak baik hasilnya juga tidak akan terlalu bagus. Selain itu fakta kalau gula darah mendekati normal juga membuatkan semakin yakin kalau ibu akan segera sembuh.

Selama menjalani perawatan di rumah kondisi ibu memang tidak langsung tiba-tiba membaik, tetapi secara perlahan terus membaik.

Satu hal yang terus kami tekankan waktu itu ialah masalah makanan. Kami terus mendoktrin ibu agar makan teratur dan lebih banyak mengonsumsi sayuran terutama buncis, brokoli, pare dan bawang merah. Ibu juga tidak boleh mengkonsumsi gula biasa melainkan harus gula 0 kalori.

Dan yang lebih penting kami juga terus memberikan semangat agar ibu selalu mengucap syukur untuk setiap hari yang ia lalui. Ibu harus selalu berusaha untuk sembuh sambil berserah kepada kemurahan kuasa Tuhan.

Cepat sembuh ya Bu. Doa kami selalu bersamamu

 

37 Responses to Ibuku Sakit Diabetes

  1. iswady says:

    coba beri minum jus kacang panjang mas. Semoga diabetesnya bisa berkurang

  2. saya juga do’akan bro… semoga beliau cepat mendapatkan kesembuhan dan kesehatan

  3. Anandastoon says:

    Moga cepet sembuh amiin..

  4. Ali says:

    Coba liat2 di blog saya sob mudah2an bermamfaat!

  5. muslih72 says:

    Sekarang bagaimana, sudah sembuh ya ?
    Bersyukurlah. kalau memang demikian.
    Tidak seberuntung aku yang ditinggal ibuku karena penyakit tersebut. Memang komplikasi stroke karena sudah menderita sakit selama 10 bulan.

  6. sekarang keadaannya gmn mas, mudah2an dah pulih seperti sedia kala.

  7. bobby says:

    seemoga cepat sembuh…amien

    salam kenal

  8. Darin says:

    Semoga lekas sembuh. Ibu mertua saya juga mengalami hal yang sama, namun tidak separah ibu Anda. Beliau hanya cek jika sudah merasa pusing. Tapi memang betul, harus dijaga diet makanannya. Harus banyak makan sayuran.
    SAlam kenal :)

  9. Kami turut mendoakan untuk kesembuhan Ibu.

  10. Tenda says:

    ane turut mendoakan gan…moga cepet sembuh gan….

  11. ngeri juga ya ? ini apa pengaruh kebanyakan minum manis ?

  12. rusli says:

    TanteQ juga sakit DIABET,, SAMA… semoga IBUnya CEPET SEMBUH YA

  13. ARTIKEL YANG KEREN2 GAN

  14. Life is Real says:

    I hope your mother better soon..

  15. anjrot.com says:

    moga cepat smbuh gan

  16. eskelapa says:

    udah di bawa ke dokter..?

  17. mg cepet sembuh yaa..

  18. Siti Rohana says:

    Mudah-mudahan ibunya sudah sembuh ya pak
    salam kenal

  19. syafakillah…smoga Allah segera menyembuhkan

  20. wah…. ikut mendoakan agar ibu mas cepat sembuh :)

  21. hardono says:

    makasih, kemarin udah normal tapi ini malah naik lagi :)

  22. Agar tidak kambuh lg, Makanannya di jaga, hindari makanan yg berkarbohidrat tinggi, tiap hari berolahraga dan yg penting jangan banyak pikiran. Semoga cepet sembuh ibunya ea mas :)

  23. hardono says:

    Iya sekarang ibu lebih suka makan sayuran dan kondisi tubuhnya semakin terus membaik. Thanks untuk perhatiannya

  24. Aunurrahman says:

    gimana sekarang ibunya? Kalo mau coba Propolis emas, uda banyak yang makai, insyaALLAH bisa membaik. Kalo berminat hubungi 081345315164.

    Jangan sampai deh diterapi insulin, apalagi lama kelamaan semakin sering diterapi insulin, kemungkinana tubuh kita sudah kebal. Dengan propolis bisa menstabilkan gula darah tanpa efek samping

    Semoga ibunya cepat sembuh, amiin

    Maaf kalau jadi tempat ptomosi, salam sukses

  25. hendro says:

    kembalikan semua yang terjadi kepada si empu-NYA (Allah SWT). insyaallah ada jalan…kita hanya bisa berusaha dan berdo’a. semoga cepat diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Amin…..

  26. adang says:

    coba dibantu dengan pengobatan lain mas…penderita diabetes selalu berhubungan dengan makanan dan stress,,,karena dua hal ini yg bikin guladarahnya g bisa di kontrol. coba minta saran untuk pengobatan alternatif tanpa asupan makanan, telp aj ke 021-33366396 ibu dhient. selamat mencoba.

  27. risky says:

    kesehatan adalah yg utama… smg cepet sembuh… amin…

  28. Sofyan hadi says:

    Kepada sahabat2 ku yang baik, untuk sakit diabetes sebetulnya bisa diobati dengan Produk GAMAT Extra Emultion… Atas izin Allah bisaa sembuh, soalnya sudah banyak yg sudah sembuh dengan produk ini…
    GAMAT tinggi akan Protein,kolagen dan sel grouth factor yang berfungsi utk meregenraasi sel. Jadi Gamat bekerja utk meregenerasi sel PANKREAS. Penyakit Diabetes disebabkan rusaknya PANKREAS yg memproduksi INSULIN di dalam tubuh…Jadi GAMAT bekerja utk memperbaiki PANKREAS yang rusak agar bisa memproduksi Insulin dalam tubuh….Inssya Allah kadar gula daarah akan normal kembali…..
    Selamat Mencoba…semoga cepat sembuh…dan yang penting selalu yakin dan berdo'a….

    salam SEHAT,
    Sofyan Hadi

    info GAMAT,
    call 081260648758

  29. hardono says:

    Halo semua,

    Terima kasih untuk saran dan masukan dari Anda semua. Saya sangat menghargai setiap saran dan masukannya, semoga ini memberikan kekuatan kepada saya sekeluarga dalam menghadapi hal ini.

    Oh ya, ibu saya kondisinya sudah membaik tapi tetap saja harus dijaga karena kadang kondisinya ngedrop akibat gulanya naik terlalu tinggi

  30. Sumerjaya says:

    Hi Hardono.
    Saat ini saya mengalami kejadian sang hampirama dengan anda. Ibu saya kena Diabetes. kadar gula berkisaran 250 – 600. hal ini kami,Di ketahui sejak Aug 2005 dan sempat stroke dirawat di RS selama sebulan, dan kami lanjutkan dengan rawat jalan, syukur atas kehendak Tuhan, ibu saya bisa berjalan dan mengerakan tangannya

    Namun.. minggu lalu kami harus membawa ibu kami ke RS lagi karena mengalami stroke lagi. penyebabnya kadar gula melebihi 600.
    Dan pula di pantatnyaada bisul sebanyak 7 bisul cukup besar.
    Kami gunakan Klorofil yang dikeluarkan oleh Sinergy untuk membuat lebih adem dan memngluarkan darah kotornya.
    Namun sekarang saya binggung apa yang harus saya gunakan untuk mengobati lukanya tersebut.
    Saat kami tanya dokter, hanya di berikan suntukan antibiotik
    Apakah ada obat yang mempercepat pemyembuhan luka ibu saya.
    (Biasanya luka kecil cepat sembuh)

    Ya.. kami perpasrah pada Tuhan agar memberikan kesembuhan melalui para medis yang ada di rumah sakit.

    Terima kasih

  31. mbahpaino says:

    mudah mudahan cepat sembuh….

  32. Tmn2 smua,prknlkan nma sya budi saya sklh di SMKN 2 Depok/jurusn TKJ…sekedar berbagi pengalaman..kakak saya dulu sakit diabet ya krna kluarga diabet, bkn hanya diabet sja ttpi jg liver,ginjal,obesitas,asam urat dan sdh hmpir stroke…tp syukur skrng dia sdh sembuh…dan skrng dia jd seorng konsultan ksehtan dengan prinsip ksehtn naturopathy…natutopathy adlh ilmu yg mmpljri bagaimn orng zaman dahulu bisa hidup sampai lebih dari sertus thun..brbda dngn zaman skrng orang2 cpet tua dan sakit2an, stlh dikji ternyata yng mnybabkn itu smua adlh faktor makanan yg kita makan..zaman skrng bnyk skli terjadi pncemaran trutma pncmran mkanan (pengwet,zat pwrna,pu2k kimia), bnyk tnman untuk mknan pokok diberi pu2k kimia…di era 60an penanaman padi mulai mngunkn urea..akbtnya skrng bnyk muncul pntakit degeneratif spt tumor, kanker, liver, ambeien, prostat, smpai dngn stoke..penyebbnya adlh mkanan yg kita mkn tdk smuanya bs diserp/dibuang,tp mengendap dan membusuk di usus..endapan itulah yng disbut TOKSIN dan semua orng memilikinya..syukur pda Tuhan kami sekeluarga bertmu dngan produk yg bisa mngluarkan TOKSIN tersbut tnpa operasi, dengan mkanan organik dan terapi berpuasa…stlh 3 hari konsumsi toksin sya keluar dngn pnjng hmpir 2meter..dan sya abdikan sbg fto profil facebook di mbudisudrajat@yahoo.co.id…kmi sekeluarga mngeluarkn TOKSIN tersbut..kami heran dngn prkmbngn ksehtan ka2k sya dlu dya kalau mkan emping mlinjo satu saja lngsung mmbuat bingung kluarga krna ka2k lnsng drop , tpi skrng satu toples dya bs habiskan sendiri dan te2p sht2 j…kpd tmn2 smua itu pnglamn kluarga sya..untk penyakit gula aslkn toksin itu sudh keluar kdr gla drah lngsng norml lgi spt ka2k sya dlu 250 mjd 97 dlm wktu 1buln dan smpai skrng tdk prnh kumat2 lgi dngn smua pnykit yg prnh didritanya..dan slnjtnya tdk ush kawatir lg dengn apa yg akn diknsmsi asal brsih dan tdk berpngwet..krn toksin dlm usus kita sdh brthun2 lmanya sdh kita dikluarkn dan mknan yg kita mkan dpt diserp tbuh dngn baik dan tdk akan mnmblkan pnyakit lg..
    bgi yg ingin bertnya mslh kshtan bs hub no.081904078635

  33. Ali Akbar says:

    Saya setuju, pola makan yang kurang sehat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kita sakit termasuk sakit diabetes. Disamping itu, sekarang ini yang perlu kita waspadai adalah radiasi terutama yang dihasilkan oleh Handphone (HP), karena penelitian terkini menyebutkan radiasi HP bisa menyebabkan penyakit kanker.

  34. hardono says:

    Makasih untuk masukannya mas, soalnya saya sendiri juga sering membawa hp sekalipun cuma untuk pegangan doank hehe

  35. fathurrahman says:

    saya ada obat herbal diabetes yang ampuh dan bergaransi. jika minat hub 083856338213

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>