Ada begitu banyak informasi mengenai beasiswa yang tersebar di internet. Jika Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci beasiswa atau yang berkaitan dengan beasiswa maka Anda akan menemukan beragam situs yang menyajikan informasi mengenai beasiswa. Untuk menemukan informasi beasiswa yang tepat maka Anda harus mengunjungi situsnya satu persatu dan mencari informasi yang Anda butuhkan. Hal ini tentu saja merepotkan apalagi bila situs tersebut memiliki navigasi yang rumit atau tidak memiliki fasilitas mesin pencari.

Untuk mempermudahnya maka Anda dapat membaca informasi beasiswa dari email. Hal ini sangat menyenangkan. Anda cukup duduk di kursi, memeriksa email, dan read scholarships information. Anda dapat melakukannya dari komputer atau ponsel yang mendukung email. Anda dapat membaca semua informasi beasiswa tanpa harus mengunjungi situs tersebut. Jika Anda tertarik dengan informasi tertentu maka Anda dapat mengunjungi situs yang menyediakan beasiswa untuk mendapatkan informasi lebih lengkap atau men-download aplikasi. Tapi jika Anda tidak tertarik, Anda dapat mengabaikan informasi. Sangat mudah bukan?

Untuk mendapatkan informasi beasiswa melalui email dapat dilakukan melalui dua cara

1. Bergabung dengan Mailing List
Kunjungi situs penyedia layanan mailing list seperti Yahoo Groups atau Google Groups dan cari grup diskusi mengenai beasiswa. Anda dapat menemukannya dengan melakukan pencarian dengan kata kunci “scholarships”, “financial aid”, “grant”, atau kata kunci lain yang terkait dengan beasiswa. Bergabunglah sebagai anggota jika Anda telah menemukan grup diskusi yang menarik. Jangan lupa untuk memilih pengiriman pesan ke alamat e-mail Anda. Setelah itu, Anda akan mendapatkan informasi beasiswa yang dikirim oleh anggota di kotak pesan Anda.

Tapi ingat, dengan melakukan hal ini Anda tidak hanya akan mendapatkan email yang berisi informasi beasiswa. Anda juga akan menerima semua diskusi yang dilakukan oleh anggota.

2. Berlangganan RSS
Hampir semua situs penyedia informasi beasiswa menyediakan fasilitas RSS. Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi dari situs yang bersangkutan tanpa harus mengunjungi situs tersebut. Anda dapat berlangganan RSS dengan menggunakan software email client, RSS Reader, atau web yang menyediakan RSS reader. Sebagian layanan RSS (terutama dari Feedburner) dapat Anda baca melalui email. Caranya cukup isi email Anda ke dalam kotak berlangganan yang disediakan di situs beasiswa. Anda akan mendapatkan email konfirmasi, buka email tersebut, dan ikuti instruksi yang ada di dalamnya. Jika Anda berhasil melakukan konfirmasi maka Anda akan mendapatkan informasi bila ada beasiswa baru yang di publikasikan di situs tersebut.

Sebagai catatan, beberapa RSS memberikan informasi beasiswa secara penuh dan sebagian lagi hanya memberikan ringkasannya saja. Anda perlu untuk mengunjungi situs tersebut untuk membaca seluruh informasi yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan kedua cara tersebut maka Anda akan menerima informasi beasiswa melalui email. Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan dari mana saja baik dari computer maupun dari ponsel. Anda tidak perlu lagi mengunjungi situs beasiswa satu persatu. Anda hanya perlu mengunjungi situs yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

8 Responses to Mengakses Informasi Beasiswa dari Email

  1. Masih gan atas infonya :)

  2. Jin says:

    Setahu saya mailing list sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi, karena kita bisa dapat email dari berbagai negara sangat bermanfaat. Thx infonya

  3. Infonya mantap gan terimaksih dan semoga sukses selalu

  4. jadi untuk mendapatkan beasiswa bisa juga dengan menggunakan email toh baru tahu saya gan… terimakasih atas informasinya

  5. Risma says:

    Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan semoga sukses :)
    informasi yang sangat bermanfaat.

  6. Wah kebetulan banget gan, ane memang sedang mencari beasiswa karena beasiswa dari universitas ane tidak bisa diharapkan ^_^

  7. wah , ternyata juga bisa yah mengakses lewat internet :)
    oke oke, makasih banyak yah buat infonya :)

  8. wah lumayan nih bisa dimanfaatkan sama pemburu beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>