Hampir semua jenis obat memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu dokter biasanya meresapkan lebih dari satu jenis obat kepada pasiennya. Bila obat A berguna untuk menyembuhkan sakit ini tetapi memiliki efek samping terhadap organ tubuh tertentu maka obat B berfungsi untuk meminimalisir efek samping tersebut.

Salah satu cara termudah untuk mengurangi atau menghilangkan efek samping dari obat ialah dengan mengurangi atau jika mampu tidak mengkonsumsi obat-obatan. Dengan demikian kita harus menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit.

Namun, bagaimana bila kita memang harus mengkonsumsi obat atau telah mengkonsumsi obat dalam jumlah yang cukup besar? Cara termudah untuk menghilangkan dampak negatif (racun obat) ialah dengan minum air kelapa hijau murni yang belum dicampuri air putih atau gula. Cukup mudah bukan? Air kelapa hijau berkasiat untuk mengeluarkan racun (termasuk yang dihasilkan dari obat) dari dalam tubuh. Mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin seminggu 2-3 kali (sesuai kebutuhan) akan membuat tubuh kembali segar dan terbebas dari racun pengaruh obat.

Kembali ke masalah utama, berikut 5 hal sederhana yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Medicine

1. Pikiran yang Terbuka
Sadar atau tidak pikiran memiliki andil yang cukup besar untuk menentukan kesehatan seseorang. Percaya atau tidak, tubuh kita akan selalu segar bila tiap hari otak kita dilatih untuk semangat dan berpikir terbuka. Sebaliknya tubuh akan mudah sakit bila setiap bangun pikiran kita sudah dipenuhi kecemasan, kebimbangkan dan berbagai pikiran buruk lainnya.

2. Makanan yang Sehat
Biasakan untuk makan sayuran segar karena ada berbagai macam kasiat yang baik dibalik sayuran yang ada disekitar kita. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah. Kombinasi antara sayuran dengan buah secara langsung akan memberikan vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh untuk melawan segala jenis penyakit.

3. Olahraga Secara Teratur
Olahraga tidak perlu berat. Olahraga dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti senam ringan, jalan-jalan di pagi hari, atau lari. Dengan membiasakan tubuh bergerak dan berkeringat maka secara tidak sadar kita telah melakukan proses pembersihan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

4. Lingkungan yang Bersih
Lingkungan yang kotor atau kumuh menjadi tempat favorit bagi kuman, bakteri maupun pemicu penyakit lainnya. Oleh karena itu rajinlah membersihkan rumah. Selain membuat rumah tampak lebih asri juga bisa menjadi sarana berolahraga secara sederhana.

5. Gunakan Obat Herbal bila Sakit
Obat Herbal merupakan tradisi dari nenek moyang yang diwariskan kepada kita. Obat herbal memiliki dampak yang jauh lebih kecil dibandingkan obat kimiawi. Tetapi harus diingat bahwa proses penyembuhan menggunakan obat herbal tidak secepat menggunakan obat kimia. Namun, perlu diingat juga efek sampingnya jauh lebih sedikit bahkan sebagian lagi tidak memiliki efek samping apa-apa. Bahan untuk pengobatan secara herbal juga dapat dengan mudah ditemukan disekitar kita.

Hal tersebut dapat dengan mudah kita lakukan. Semoga dengan menerapkan hidup sehat kita terhindar dari penyakit alias tidak perlu lagi mengkonsumsi obat

 

9 Responses to 5 Cara Menjaga Kesehatan dan Menjauhi Obat

  1. nice info.. makasih banyak ya. kebetulan saya gampang sakit akhir-akhir ini..

  2. good news..
    terima kasih,,
    akan saya coba dirumahh ..

  3. ace maxs says:

    5 hal itu membantu bgt,, untuk kita bisa hidup sehat ,, tanpa mengkonsumsi obat :)

  4. tips yang sangat menarik, soalnya saya takut ketergantungan sama obat. thanks

  5. jadi solusinya kita lebih baik menggunakan obat herbal untuk mengobati

  6. yup gunakan obat herbal untuk kesehatan anda ..
    :)

    maksih gan infonya ..

  7. Satu lagi gan, tetap dekat pada Yang Maha Kuasa ^_^

  8. wah , itu tuh , cara hidup sehat yang sebenarnya :) iya iya.? makasih banyak yah , buat informasinya.? bermanfaat banget :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>