Bagi Anda yang suka masak dan (mungkin juga) makan tentu sudah mengenal daun Salam. Daun ini sering dipakai untuk membuat masakan lebih sedap. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil beberapa daun salam, cuci hingga bersih, lalu sertakan dengan masakan yang sedang di masak. Selain sebagai bumbu penyedap, daun salam ternyata memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini yaitu minyak atsiri (antibakteri), tannin, dan flavonoida mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi, mengatakan bahwa pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu saja menyenangkan sebab daun salam begitu mudah didapat, pohonnya juga mudah ditanam. Daun salam juga dapat dibeli di pasar dengan harga yang murah.

Khasiat Daun Salam

Berikut beberapa penyakit dan penyembuhannya menggunakan daun salam

  1. Asam urat: 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  2. Diare: 7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum. Ramuan lainnya, 7 lembar daun salam, 10 lembar daun jambu biji, 10 gram jahe, dan 1 buah kulit delima putih, dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan 200 cc air matang, disaring, lalu diminum.
  3. Gatal-gatal: daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.
  4. Kencing manis (Diabetes): 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari. Cara lain ialah merebus daun salam dengan laos.
  5. Kolesterol: 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.
  6. Radang lambung: 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari. Lakukan secara teratur.
  7. Stroke: 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Semoga informasi ini membantu bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai obat herbal

 

19 Responses to Daun Salam dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

  1. sulistiyo says:

    terima kasih infonya, daun salam ada dimana2 dan ternyata punya manfaat yg luar biasa

  2. ternyata daun salam murah meriah dan banyak manfaatnya berguna banget infonya…ma kasih banyak gan ^^

  3. ace maxs says:

    daun yg murah dan dapat gampang ditanam ,, ternyata bnyak manfaatnya jga..

    tnks :)

    mampir yah :)

  4. gamat luxor says:

    daun nya sangat banyak manfaatnya …
    tanks gan infonya :)

  5. Memnag tanaman herbal sebenarnya memiliki khasiat yang hebat, dan tanpa efek samping.

  6. Wah mantapp banget gan, ternyata selain buat penyedap makanan bisa bermanfaat juga buat keehatan.

  7. Ternyata klo mau sehat ada cara murahnya… Terimakasih Bang Hardono

  8. Asep Amal says:

    ternyata daun salam juga sanga tbermanfaat ya gan untuk kesehatan

  9. abi umi says:

    ternyata daun salam juga bisa dipake obat

  10. cipeuw says:

    bukan hanya untuk membuat uduk tapi juga berkhasiat

  11. kidalisme says:

    kalo gitu semua makanan yg dimasak pake daun salam sehat juga ya gan

  12. Selmat malem & terimakasih atas informasinya gan semoga dalam keadaan sukses selalu

  13. Ada info says:

    Nggak kaget, karna terbukti banyak jenis tanaman Indonesia yg berkhasiat obat. Terima kasih admin atas informasi ini.

  14. wah tau gitu lain kali kalo masak di banyakin daun salamnya deh :D

  15. Risma says:

    Terimakasih banyak atas informasinya..!
    salam kenal dan salam sehat :)

  16. ehm , iya sih bener juga ibuku sering masak nih daun. :) makasih yah , buat infonya :)

  17. pengobatan penyakit maag kronis yang aman dan alami says:

    wah daun salam mah enak tuh….

  18. kayaknya perlu di budidayakan nih tanaman,,sekarang ini tumbuhan kayak gini sudah mulai hilang dari peradaban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>