Dalam postingan ini aku menyarankan untuk lebih mengutamakan menulis sendiri dalam membuat blog termasuk content dalam bahasa Inggris. Masalahnya bagaimana bila kita ingin menulis dalam bahasa Inggris sementara bahasa Inggris kita not so good. Nah berikut beberapa tips sederhana untuk membantu kamu yang ingin belajar menulis dalam bahasa Inggris

Sebelum mulai menulis persiapkan dulu peralatan tempur yaitu Kamus. Bisa kamus online, software kamus, atau buku kamus. Kalau bisa pilih kamu yang juga menyertakan contoh kalimat dari kata yang kita cari, siapa tahu ada kalimat/ungkapan yang sedang kita cari ada di kamus tersebut.

Cari tulisan yang sudah jadi terus tulis ulang
Cara ini paling sederhana, kamu cuma perlu mencari bahan sesuai dengan tema yang kamu inginkan terus tulis ulang dengan bahasamu sendiri. Ingat jangan cuma hapus yang gak perlu lho. Tapi tulis ulang biar kemampuan Inggrismu terlatih. Untuk mempermudah penulisan. Taruh naskah asli terus diatasnya baru tulis dengan gaya kamu. Paragraf yang sudah ditulis ulang bisa dihapus. Nah, ntar akhirnya semua naskah asli dihapus dan diganti tulisan ulangmu sendiri.

Rangkum dari beberapa bahan
Cari beberapa bahan sesuai tema yang kamu cari terus rangkum bahan-bahan tersebut dengan gaya kamu sendiri. Ingat lho gak boleh copy paste. Harus tulis sendiri.

Tulis tentang tips
Tulisan tentang tips biasanya gak perlu panjang-panjang melainkan cukup singkat padat dan berisi. Nah tulis aja tentang tips-tips sambil belajar merangkai kalimat dalam bahasa Inggris.

Minta teman ikut terjemahin dan bandingkan dengan tulisanmu
Untuk yang satu ini kamu harus punya teman yang buaiiiik buanget dan bisa dimintai tolong setiap saat hehe. Tulis dulu ide kamu dalam bahasa Indonesia terus minta teman kamu nerjemahin dalam bahasa Inggris. Kamu sendiri juga harus ikut nerjemahin dalam bahasa Inggris. Nah, kalau hasilnya udah jadi tinggal di compare alias bandingkan. Coba tandai dan mengerti bagian mana yang salah dan perlu diperbaiki. Tanya ke temanmu bila kamu bingung kenapa dia pakai kalimat ini yang berbeda dengan terjemahan kamu.

Nah itu beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan Inggris kamu. Kalau ada tips lain monggo silakan berbagi melalui komentar.

Selamat mencoba!

 

7 Responses to Belajar Menulis Bahan Sendiri Dalam Bahasa Inggris

  1. yani says:

    thank buat tipsnya
    masalah nya grammar saya juga kacau balau. nih masalah besar buat saya. ada ide buta mensiasatinya?

  2. ahmad ghufron says:

    mobil hitam itu menabrak pohon

  3. donkomo says:

    Saya setuju dengan tulisan ini…selain kamus dalam bentuk buku sekarang juga banyak kamus elektronik yang dijual di toko-toko buku.Orang kadang malas untuk membuka kamus ketika menjumpai kata sulit padahal kalo mau buka kamus belajar bahasa asing bukan hal yang menakutkan

  4. irian says:

    terima kasih mas…. atas infonya

  5. Mai says:

    duh, emang sidikit sulit memperlancar b.inggris apalagi untuk menulis di blog. But it’s ok, I’ll try it! Thx ya buat tipsnya.

  6. Ichwan says:

    I am very stupid man . I have been learning English long time but uptill now, I can’t write English well.

  7. hyden says:

    artikelnya oke banget buat newbie yg ingin belajar menulis bahasa
    harus di coba……
    terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>