Mana sih yang lebih bagus untuk membangun sebuah blog? Posting dengan model copy paste bahan orang lain atau menulis sendiri? Kalau dilihat dari sisi kepuasan ya jelas nulis sendiri memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan comot bahan orang lain.

Bangga donk bila bahan yang kita tulis itu disukai user terus dipasang di blog mereka dengan credit ke nama kita hehe. Apalagi kalau bahan tersebut kita tulis dalam bahasa Inggris dan kebetulan bahasa Inggris kita emang lagi pas-pasan. Wuih bangganya bisa selangit tuh.

Tapi kalau dilihat dari segi kemudahan memang copy paste lebih mudah dikerjakan dibandingkan nulis sendiri. Dengan model copy paste kita cukup search di internet terus copy paste artikel yang disukai ke blog atau situs yang sedang kita bangun. Ingat jangan lupa menulis nama pengarang dan sumber agar tidak dituduh plagiat. Nah kalau nulis sendiri, selain harus mencari ide, kosakata English pun juga harus memadai. Belum lagi pengetahuan tentang merangkai kalimat yang baik dan bener dalam versi bahasa Inggris.

Dengan model copy paste kita bisa memenuhi blog kita dengan 35 artikel dalam satu minggu (ngeblog tiap hari dan posting 5 artikel per hari). Kalau nulis sendiri…. waduh… jangankan 35 artikel, 5 artikel pun bisa kembang kempis.

Terus mana yang paling baik? Kalau kita mau buat blog utama apalagi untuk nyari uang sebaiknya pakai metode nulis sendiri. Bagaimanapun juga pengunjung akan lebih senang membaca bahan-bahan yang bersifat orisinil dibandingkan bahan comotan orang lain. Bahkan tidak menutup peluang kalau pengunjung tersebut akan sering-sering melihat blog kamu karena mereka senang membaca ide orisinil di blog kamu.

Bahan yang kamu tulis sendiri pun juga bisa dipromosikan di situs-situs ezine artikel. Dengan demikian nama dan blog kamu akan semakin populer dan otomatis jumlah hits akan semakin banyak.

Jadi lebih enak nulis sendiri kan? Soal susah mencari ide atau bahasa Inggris yang masih so-so itu biasa, bisa dipelajari seiring berjalannya waktu. Yang penting ada kemauan dan tekad pantang menyerah.

Mari nulis sendiri.

 

5 Responses to Copy Paste atau Nulis Sendiri

  1. […] postingan ini aku menyarankan untuk lebih mengutamakan menulis sendiri dalam membuat blog termasuk content dalam […]

  2. […] postingan sebelumnya saya mengajak pembaca untuk mengisi blog dengan tulisan sendiri dan tips sederhana untuk melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Nah, masalah berikut yang […]

  3. bars says:

    Saya pernah dengar ttg feed, bisa di bahas ga, supaya blog kita itu otomatis ada artikelnya hasil postingan dari blog / website lain? karena saya udah coba ribuan kali tapi blom berhasil juga…..

  4. Various people all over the world get the business loans from different creditors, just because that is fast and easy.

  5. Klau blog yg isinya smua hasil dari copypaste dari ezinearticle smua,trus blognya bisa diapus ga klau pake blogspot dan aman ga klau dipasangi adsense? Di jwb ea mas :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>